Kemendag Klaim Harga Bawang Putih dan Bombay Terkendali

loading...
Kemendag Klaim Harga Bawang Putih dan Bombay Terkendali
Harga bawang putih dan bawang bombay diyakini telah terkendali dengan masuknya impor dari China sebanyak 34 kontainer. Foto/Ilustrasi
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan pasokan bawang putih dan bombay cukup. Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, stok bawang putih kini sangat besar sehingga harga eceran di pasar mengalami penurunan secara drastis.

Hal ini terlihat saat melakukan pemantauan ke gudang importir bawang putih dan bawang bombay di Pasar Induk Cipinang. "Saat ini ada sekitar 34 kontainer yang masing-masing isinya 29 ton bawang putih dan bawang bombay sudah berada di Pelabuhan Tanjung Priok dan akan terus masuk dari China," ujar Mendag di Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Dia pun mengapresiasi sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan pelaku usaha yang terus menjaga pasokan dan harga bapok tetap stabil sehingga masyarakat bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. "Melalui pemantauan pasar yang rutin dilaksanakan Kemendag, diharapkan harga bapok akan terus terkendali khususnya di daerah-daerah di seluruh Indonesia," jelasnya.

Sebagai informasi, saat ini harga bawang putih stabil di harga Rp32.000/kg. Turunnya harga bawang putih ini berkat kebijakan Kemendag yang memberikan relaksasi dengan membebaskan Persetujuan Impor (PI) untuk komoditi bawang putih dan bawang bombay.

(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top