Ekonom Ungkap Tujuan di Balik Kenaikan Cukai Rokok

Kamis, 10 Desember 2020 - 14:53 WIB
loading...
Ekonom Ungkap Tujuan di Balik Kenaikan Cukai Rokok
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) resmi menaikkan tarif cukai rokok sebesar 12,5% di tahun 2021. Kebijakan yang akan diberlakukan pada Februari tahun depan itu, salah satu tujuannya untuk mengendalikan konsumsi rokok.

Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah mengatakan, penaikan tarif cukai rokok merupakan sesuatu yang wajar dilakukan pemerintah untuk mengendalikan produk-produk yang dianggap berbahaya dan tidak sehat. Sayangnya, melihat catatan sebelumnya, peningkatan cukai tidak pernah menurunkan konsumsi rokok. ( Baca juga:Cukai Dipastikan Naik, Sri Mulyani Ingin Harga Rokok Makin Tidak Terbeli )

"Dalam konteks ini memang masyarakat diharapkan untuk tidak merokok sehingga wajar peningkatan cukai dilakukan pemerintah. Tetapi kalau kita lihat historisnya, peningkatan cukai itu tidak pernah menurunkan konsumsi," ujarnya saat dihubungi, Kamis (10/12/2020).

Piter melanjutkan, masyarakat merasa membutuhkan rokok dan pengendalian konsumsi rokok ternyata tidak efektif dengan menaikkan harga.

"Di Indonesia itu tidak efektif dengan cukai. Oleh karena itu, saya selalu melihat peningkatan cukai di Indonesia bukan untuk mengendalikan tetapi lebih untuk meningkatkan penerimaan pemerintah. Jadi agak bergeser tujuan dari cukai itu," ungkapnya.

Menurut dia, tujuan kenaikan tarif cukai tampaknya menjadi solusi bagi pemerintah di tengah penurunan penerimaan pajak pemerintah akibat pandemi ini. Di sisi lain, kenaikan tarif cukai rokok akan meningkatkan inflasi dan menurunkan daya beli masyarakat. ( Baca juga:Putra Presiden AS Terpilih Joe Biden Diinvestigasi dalam Kasus Pajak )

"Karena masyarakat masih akan tetap beli, otomatis nantinya beban dari masyarakat akan meningkat. Kalau penerimaannya tetap kemudian konsumsi rokoknya tetap naik berarti alokasi anggaran untuk rokok menjadi meningkat. Jadi mengurangi daya beli masyarakat untuk yang lain. Beban masyarakat meningkat, daya beli masyarakat untuk barang-barang non-rokok akan turun," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)