Ruang Bertema Percantik Rumah pada Hari Raya

Rabu, 13 Mei 2020 - 10:05 WIB
loading...
Ruang Bertema Percantik Rumah pada Hari Raya
Foto/ikea.co.id
A A A
JAKARTA - Tidak perlu melakukan perombakan besar untuk membuat hunian Anda tampil cantik pada hari raya. Cukup sisipkan pemanis ruangan dan bermain dengan tema, hunian Anda akan tampil molek dalam waktu singkat.

Baju baru sudah menjadi tradisi tahunan yang kerap menghiasi momen Lebaran. Namun, tradisi serbabaru tidak hanya berlaku untuk baju, hunian pun tidak luput dari sentuhan kebaruan momen hari raya.

Seperti yang dilakukan artis Venna Melinda. Meskipun memiliki banyak kegiatan di luar rumah, Venna tidak pernah lupa menata hunian menjelang Hari Raya Idul Fitri. Dia mengaku, kegiatan bersih-bersih dan merenovasi rumah menjelang Lebaran merupakan tradisi yang tidak bisa dihilangkan. "Setidaknya setiap ‎dua tahun sekali melakukan pengecatan ulang," ujarnya.

Sebagai gantinya, Venna hanya melakukan make-over sederhana, seperti menambahkan aksesori atau memberi berbagai elemen pemanis pada ruangan-ruangan di rumahnya.

Hal ini pun sebenarnya dapat Anda lakukan, cara yang cepat dan mudah tapi tetap bisa memberikan kesan tampilan baru bagi rumah Anda. Terlebih, menjamurnya toko aksesori dan pernak-pernik hunian semakin memudahkan Anda dalam mendekorasi kediaman.

Selain itu, memanfaatkan barang bekas dan mengolahnya menjadi baru pun menjadi salah satu trik mendekorasi hunian dalam waktu singkat. Desain interior Susan Octari Yawhan mengungkapkan, salah satu kunci sukses mendekorasi hunian adalah menyesuaikannya dengan tema ruangan yang diusung.

"Jangan sampai gaya yang diusung bertabrakan dengan pernik interior yang digunakan," ujar Susan.

Cobalah Anda perhatikan tema dan gaya ruang yang diterapkan. Bila interior didominasi sentuhan shabby chic, sesuaikan pemilihan barang mulai bunga, aksesori interior, hingga bahan dekorasi yang mendukung tema ruangan tersebut.

Begitu pun sebaliknya, bila pelapis interior yang digunakan memiliki corak yang ramai, jangan gunakan aksesori yang memiliki motif penuh pula. "Kita juga harus mengimbangi dengan sesuatu yang polos atau memiliki sedikit aksen untuk menghindari kesan penuh," ungkapnya.

Selain menggunakan pemanis ruang, Anda dapat mengubah tata letak furnitur. Cara ini cukup ampuh untuk membuat tata ruang Anda tampil segar dan berbeda saat Lebaran. Namun, jangan lupa untuk tetap memperhatikan sirkulasi pergerakan tubuh.

"Atur kursi atau furnitur dengan tepat sehingga tamu dapat bergerak dengan nyaman dan leluasa. Bila ruangan kecil, kita bisa menyiasatinya dengan menghadirkan gaya duduk lesehan," kata Susan.

Untuk menciptakan ruang duduk lesehan yang nyaman, Anda cukup menyediakan karpet dan bantal sofa untuk membuat para tamu nyaman berkunjung. Bahan karpet bisa berupa apa saja, tetapi yang perlu diingat adalah menyesuaikannya dengan tema ruangan.

"Bila ruangan sudah penuh dengan corak, cukup letakkan karpet yang polos dan minim aksen," imbuhnya. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)