Makin Panas, Media China Beri Sinyal Beijing Stop Impor Batu Bara Australia

Selasa, 15 Desember 2020 - 07:00 WIB
loading...
A A A
Sementara, jika pembekuan dipertahankan, maka itu bisa memiliki implikasi ekonomi yang signifikan bagi Australia. Tahun lalu, Australia mengekspor batu bara senilai hampir USD14 miliar ke China. Batu bara termal yang digunakan oleh pembangkit listrik China menyumbang sekitar USD4 miliar dari angka itu.

Menteri Perdagangan Australia Simon Birmingham telah meminta pihak berwenang China untuk "mengesampingkan" laporan Global Times. Senator Birmingham mengatakan, jika ceritanya akurat, itu akan tampak seperti penggunaan praktik diskriminatif terhadap batu bara Australia.

"Kami tegaskan kembali bahwa semua ketentuan perjanjian perdagangan bebas kami dan kewajiban perdagangan dunia antara Australia dan China harus dijunjung dan dihormati," katanya seperti dikutip ABC News, Selasa (15/12/2020).

Langkah ekonomi terhadap batu bara Australia merupakan yang terbaru dari serangkaian sanksi perdagangan yang dijatuhkan oleh Beijing. Hubungan antara Australia dan China terus menurun setelah seruan Canberra untuk penyelidikan independen tentang asal-usul Covid-19.

Dalam beberapa bulan terakhir, China telah mengambil beberapa langkah untuk menghalangi impor dari Australia. Pasar ekspor terbesar Australia itu telah menerapkan tarif impor besar-besaran terhadap anggur Australia dengan tanda-tanda bahwa perdagangan sekarang secara efektif terhenti.

Tarif China atas impor jelai juga telah mendorong tindakan Australia untuk mengadukan masalah itu kepada Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Beberapa pengamat memperkirakan Australia mungkin akan mengambil langkah itu paling cepat minggu ini.

(Baca Juga: Perang Dagang, Seruan Boikot Produk China Menggema di Australia)

Sebaliknya, Beijing menuduh Australia melakukan dumping produk biji-bijian dan anggurnya ke pasar China. Australia juga dituding memberikan subsidi yang tidak adil kepada petaninya.

Tak berhenti di situ, impor berton-ton lobster air tawar Australia juga telah dihentikan di pelabuhan China. Akibatnya, lobster air tawar yang biasanya dijual dengan harga premium di pasar China, kini harus dijual ke supermarket lokal.

Sementara, konfirmasi larangan impor batu bara Australia ini kemungkinan akan memicu kemarahan baru di Canberra, serta memicu kecemasan tentang industri mana yang kemungkinan besar akan menjadi sasaran Chinaberikutnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)