Lebih Memudahkan Pencari Kerja, Aplikasi Simonas Tambah Fitur Baru

Selasa, 15 Desember 2020 - 20:10 WIB
loading...
Lebih Memudahkan Pencari Kerja, Aplikasi Simonas Tambah Fitur Baru
Sekretaris Balitbang SDM Kementerian Kominfo, Haryati Re-Launching Platform Job Portal DTS 2020 di salah satu hotel di Jakarta, Selasa (15/12/2020). Foto/dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Kominfo menambahkan fitur baru aplikasi Sistem Informasi dan Monitoring Alumni Sertifikasi (SIMONAS) sehingga lebih memudahkan pencari kerja. Fitur yang di update berupa data pribadi, pencarian pekerjaan berdasarkan gaji, serta kemudahan akses melalui platform android dan IoS.

Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika, Haryati mengatakan perbaikan dan penyempurnaan fitur itu akan lebih meningkatkan kemudahan bagi pencari kerja dan penyedia kerja. (Baca: Virtual, Kominfo Ingatkan NKRI adalah Negara Kepulauan)

“Pengkategorian jenis pekerjaan untuk memudahkan pencari pekerja sesuai dengan bidang yang diinginkan,” ujarnya dalam Re-Launching Platform Job Portal DTS 2020 di Hotel Santika Jakarta, Selasa (15/12/2020).

Melalui fitur-fitur terbaru di Simonas, Kementerian Kominfo berharap peserta lulusan Program Digital Talent Scholarship (DTS) dapat terbantu untuk menemukan profesi idaman.

"Program DTS yang merupakan program Kementerian Kominfo dalam mencetak talenta digital yang unggul itu nantinya akan mendekatkan para talenta dengan industri digital," jelas Haryati. (Baca juga: PLN Siaga Pada Perayaan Natal dan Tahun Baru Ibu Kota)

Haryati menambahkan, Program DTS tidak hanya memberikan pelatihan hard-skill tetapi juga soft-skills. “Setelah menyelesaikan pelatihan-pelatihan tersebut, Kementerian Kominfo juga telah menyiapkan platform yang memfasilitasi pertemuan antara talenta-talenta digital yang sudah dilatih melalui program DTS dengan berbagai peluang kerja dari beragam industri melalui aplikasi SIMONAS,” jelasnya.

Saat ini sudah sekitar 156 perusahaan yang telah bergabung di Simonas. Baik perusahaan rintisan atau startup hingga perusahaan profesional bergengsi. "Setelah re-launching platform job portal Simonas 2020 tersebut, para peserta akan memanfaatkan dan merasakan Simonas untuk melamar pekerjaan maupun magang dari lowongan yang dibuka oleh mitra industri Kominfo,” harapnya. (Baca juga: Siap-siap! Bakal Ada Persyaratan Baru untuk Pergi Liburan Akhir Tahun)

Berdasarkan data rekapitulasi total Simonas tahun 2019-2020 (data akan terus bertambah) sebanyak 156 perusahaan yang tergabung sejak dilaunching Simonas, lowongan kerja sebanyak 346, kuota posisi yang dibuka 3,091 dan total pelamar tahun berjumlah 10,379 orang.

Sedangkan rekapitulasi Simonas 2020 (data sampai dengan 19 Oktober 2020), total lowongan kerja 168, kuota posisi yang dibuka 2,193 dan total pelamar 1,561 orang.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)