Antisipasi Harga Pangan saat Nataru, Kementan Luncurkan Bazar Online PasTani

Kamis, 17 Desember 2020 - 13:09 WIB
loading...
Antisipasi Harga Pangan saat Nataru, Kementan Luncurkan Bazar Online PasTani
Kementan meluncurkan Bazar Online dan Marketplace PasTani di Jakarta, Kamis (17/12/2020). Foto:SINDOnews/hafid fuad
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) terus melakukan inovasi digital dengan meluncurkan Bazar Online dan Marketplace PasTani untuk menjangkau seluruh Indonesia demi menghadapi Natal 2020 dan Tahun baru 2021 (Nataru).

Kepala BKP Agung Hendriadi mengatakan pihaknya melakukan Bazar Online dan Marketplace PasTani sebagai antisipasi pemerintah dalam penanganan pengendalian pasokan dan harga pangan . Dalam skema ini juga dilakukan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah menghadapi Natal 2020 dan Tahun baru 2021.



“Tujuannya untuk mengantisipasi Natal dan Tahun Baru, juga untuk memudahkan masyarakat belanja bahan pangan, apalagi disaat pandemi Covid-19 sekarang ini. Masyarakat bisa belanja secara online dari rumah dan produk segera dikirim,” ujar Agung di Pasar Mitra Tani (PMT) Pasar Minggu, Kamis (17/12/2020).

Upaya yang dilakukan BKP, sesuai arahan dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, yaitu untuk memudahkan masyarakat dapat mengakses pangan, sehingga 267 juta penduduk terpenuhi kebutuhan pangannya.

Dijelaskan Agung, sejak April 2020 BKP bekerjasama dengan Gojek dalam mendistribusikan pangan secara online kepada masyarakat dengan cara memberikan bantuan free ongkir. “Langkah ini terus kita tingkatkan, Pasar Mitra Tani yang ada di masing-masing provinsi harus menjadi distribution center yang memiliki fungsi cukup besar dalam pendistribusian pangan baik secara offline ataupun online,” tambah Agung.



Selain itu, lanjut Agung, toko mitra tani sebagai outlet pemasaran pasar mitra tani harus meningkatkan kinerjanya dalam melayani masyarakat.

Dalam marketplace PasTani BKP menggerakkan seluruh Pasar Mitra Tani dan kedepannya gapoktan-gapoktan serta perusahaan penyedia pangan dapat terhubung dengan masyarakat dalam sistem belanja online marketplace PasTani.
(her)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)