Mendag Bongkar Alasan Jagoan Lokal Sulit Ekspor, Ini Sebabnya

Kamis, 17 Desember 2020 - 17:53 WIB
loading...
Mendag Bongkar Alasan Jagoan Lokal Sulit Ekspor, Ini Sebabnya
Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto. FOTO/dok.Kemendag
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyebut ada beberapa tantangan yang dihadapi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk bisa bersaing dengan produk luar negeri. Hal ini dia sampaikan dalam acara pertumbuhan ekspor e-commerce shoppe di 2020 secara virtual.

Menurutnya banyaknya kelemahan membuat ekspor produk UMKM masih rendah. Maka itu, lanjut dia, pihaknya meminta partisipasi semua pihak khususnya e-commerce bisa membantu para UMKM bersaing di pasar global. "Jadi kondisi saat ini menunjukkan jumlah UMKM Indonesia yang bisa berpartisipasi secara global masih rendah. Di mana kondisi ini dikarenakan oleh beberapa hal. Seperti masih melemahnya kemampuan UMKM dalam memenuhi mengantisipasi permintaan pasar," ujar dia, Kamis (17/12/2020).



Kemudian, tutur dia, lemahnya skill dalam melakukan perdagangan online, serta kurangnya akses dalam mendapatkan dukungan administratif untuk melakukan ekspor. "Kami ingin berkembangnya ekspor UMKM bakal ikut membantu perekonomian Indonesia bangkit dari keterpurukan karena Covid-19," ungkap dia.



Dia juga memastikam, industri e-commerce bisa membantu UMKM Indonesia berbicara banyak di pasar global. "Kami berharap komitmen dari para pelaku e-commerce mau turun langsung membantu UMKM khususnya di tengah pandemi Covid-19," tandas dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)