Solusi Cerdas Bikin Kamar Mandi Sempit Jadi Terasa Luas

loading...
Solusi Cerdas Bikin Kamar Mandi Sempit Jadi Terasa Luas
Penataan kamar mandi menjadi sangat penting demi kenyamanan pengguna. (Foto: Dok/Elledecor)
JAKARTA - PERMASALAHAN yang sering terjadi dalam hunian adalah lahan yang terbatas. Hal ini membuat setiap ruangan dalam hunian tidak berukuran luas, temasuk kamar mandi.

Terlebih lagi, kamar mandi menampung perlengkapan yang tidak sedikit. Mulai dari saniter seperti shower, bak mandi, wastafel, kloset, hingga peralatan mandinya. Bagi Anda yang memiliki kamar mandi mungil harus memiliki ide kreatif agar ruangan sempit tersebut terlihat luas.

"Untuk ruangan yang mungil seperti kamar mandi hindari menggunakan palet warna berat. Karena akan memberikan kesan rumah semakin sempit dan tertutup, sebaiknya gunakan warna dengan tone ringan," kata desainer interior Budi Pradono.

Tidak hanya pada cat dinding, juga dalam furnitur yang dimasukkan ke dalam kamar mandi. Budi menegaskan, dalam hal warna yang perlu diperhatikan juga adalah tingkat kekontrasannya. Jangan mengaplikasikan warna kontras yang terlalu kuat seperti plafon gelap dengan dinding yang terang.



Lebih baik menggunakan palet warna tunggal. Jika Anda ingin memasukkan warna lain bisa melalui detail-detail kecil misalnya dari perlengkapan mandi seperti furnitur. Untuk yang satu ini, Anda bisa mendesainnya dengan konsep menggantung atau floating.

"Ide ini secara tidak sadar membuat kamar mandi lebih panjang karena area lantai terkesan lebih luas dengan tidak banyaknya barang-barang," tuturnya.

Jika diteliti lagi, sebenarnya kamar mandi menjadi sempit bukan karena perkara lahan yang terbatas, tetapi karena banyaknya barang yang tidak terpakai.
(wan)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top