Masih Ragu Pentingnya UMKM Bagi Ekonomi RI, Ini Buktinya

Jum'at, 18 Desember 2020 - 14:41 WIB
loading...
Masih Ragu Pentingnya UMKM Bagi Ekonomi RI, Ini Buktinya
Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu penopang ekonomi Indonesia. Masih ragu?, nih dengerin pemaparan Kemenkop UKM. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu penopang ekonomi Indonesia . Mengingat, jumlah populasi dari para pelaku UMKM di Indonesia sangat besar sekali.

(Baca Juga: Pemerintah Sudah Guyur Koperasi dan UMKM Sebanyak Rp87 Triliun )

Asisten Deputi Pemasaran, Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Kemenkop UKM) , Destry Anna Sari mengatakan, dari seluruh pelaku usaha yang ada di Indonesia, 99% diantaranya merupakan pelaku UMKM. Oleh karena itu, sangat wajar jika pelaku UMKM menyumbang 60% dari pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Postur pelaku usaha di Indonesia menunjukan 99% populasi terdiri dari UMKM menyumbangkan 60% dari PDB (produk donestik bruto),” ujarnya dalam acara Diskusi Virtual, Jumat (18/12/2020).

Tak hanya itu, para lelaku usaha Mikro Kecil Menengah ini juga berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja. Diperkirakan pelaku UMKM ini menyerap 97% tenaga kerja.

Selain itu, ekspoe dari para pelaku UMKM juga termasuk salah satu yang tertinggi. Mengingat 14,17% ekspor nasional dikontribusikan dari para pelaku UMKM di dalam negeri. “Menyerap 97% tenaga kerja dan kontribusi 14,17% ekspor nasional,” kata Destry.

(Baca Juga: Bantu UMKM, Mendag Minta E-Commerce Turun Gunung )

Sambung Destry menambahkan, dari total seluruh UMKM 60% di antarannya merupkan pelaku yang berjenis kelamin perempuan. Angkanya berkontirbusi pada 9,1% PDB nasional dan 5% pada ekspor UMKM nasional.

“Jumlah tersebut 60% merupakan pelaku UMKM perempuan. Dan menyumbang 9,1% PDB nasional. Serta ekspor UMKM nasional 5%. Berdasarkan postur ini tidak dapat dipungkiri UMKM perempuan merupakan kekuatan besar ekonomi bangsa kita,” jelasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)