Maksimalkan Pertanian Cerdas, PPIU SIMURP NTB Gelar Dua Rakor

Kamis, 24 Desember 2020 - 02:44 WIB
loading...
Maksimalkan Pertanian Cerdas, PPIU SIMURP NTB Gelar Dua Rakor
Untuk memaksimalkan program SIMURP, PPIU Nusa Tenggara Barat melakukan dua rapat koordinasi secara bersamaan. Foto/Dok
A A A
LOMBOK - Untuk memaksimalkan program SIMURP, PPIU Nusa Tenggara Barat melakukan dua rapat koordinasi secara bersamaan. Kegiatan ini dilakukan sebagai bahan evaluasi pelaksanaan kegiatan ToT dan Tof SIMURP bagi petani .

Salah satu daerah di Nusa Tenggara Barat yang menjadi tempat kegiatan SIMURP adalah daerah irigasi DI Jurang Batu dan Jurang Sate di Lombok Tengah. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, SIMURP memiliki banyak manfaat buat petani.

"Salah satu tujuan SIMURP adalah meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani melalui penerapan pertanian cerdas iklim atau Climate Smart Agriculture (CSA). Oleh karena itu, harus dilakukan evaluasi agar ke depannya SIMURP bisa lebih maksimal," tutur Mentan SYL.

(Baca Juga: Kembangkan Potensi Pertanian, Penyuluh Harus Cerdas dan Kreatif )

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSMDP) Kementerian Pertanian , Dedi Nursyamsi mengatakan SIMURP memiliki sejumlah kegiatan untuk meningkatkan pertanian. Di antaranya Training of Trainer (ToT) bagi Penyuluh Kecamatan dan Training of Farmer (ToF).

"SIMURP bukan semata-semata ingin memberikan peningkatan produktivitas. Tetapi juga peningkatan kualitas SDM pertanian. Seperti melalui ToF dan ToT," katanya.

(Baca Juga: Diseminasi Teknologi Pertanian 2021, Kementan Kerahkan 40.835 Penyuluh )

Kepala Balai Pelatihan Pertanian dan Perkebunan NTB, Hendro menambahkan, tujuan SIMURP adalah meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman padi dengan Pertemuan Evaluasi TOF dan TOT SIMURP berbasis CSA bertempat di Jayakarta Hotel, 21 - 22 Desember 2020. Narasumber pertemuan ini adalah konsultan SIMURP Kementerian Pertanian yang memberikan materi evaluasi program SIMURP tahun 2020 dan evaluasi pelaksanaan TOF dan TOT tahun 2020.

Narasumber lainnya adalah BPPSDMP Kementerian Pertanian dengan materi Rencana pelaksanaan Program SIMURP Tahun 2021. Peserta sebanyak 40 orang terdiri dari alumni ToF dan alumni ToT dari masing-masing BPP Simurp, Dinas Pertanian Kab Lombok Tengah, dan Bapeltanbun Provinsi NTB.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)