Bio Farma Pastikan Uji Mutu 1,8 Juta Vaksin Covid-19 Sinovac yang Tiba Siang Ini

Kamis, 31 Desember 2020 - 11:26 WIB
loading...
Bio Farma Pastikan Uji Mutu 1,8 Juta Vaksin Covid-19 Sinovac yang Tiba Siang Ini
Petugas melakukan pendataan vaksin Covid-19 Sinovac setelah tiba di Kantor Pusat Bio Farma Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Foto/BPMI Setpres/Muchlis Jr
A A A
JAKARTA - PT Bio Farma (Persero) menyatakan sebagian dari 1,8 juta vaksin Covid-19 tetap dilakukan uji mutu guna memastikan kualitas vaksin selama pengiriman dari China ke Indonesia. Vaksin Sinovac tersebut direncanakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada hari ini pukul 12.00 WIB.

"Ada, nanti setiap kedatangan nanti diuji mutu, diuji nanti dikira bukan vaksin, kirim air doang kan. Itulah fungsi uji mutu begitu, kualitas vaksin selama pengiriman masih bagus," ujar Sekretaris Perusahaan Bio Farma Bambang Heriyanto saat dihubungi, Kamis (31/12/2020).

( )

Sama seperti tahap 1, Usai kegiatan bongkar muat vaksin, 1,8 juta vaksin langsung diberangkatkan ke laboratorium Bio Farma di Bandung, Jawa Barat, untuk diamankan sementara. Dan diperkirakan akan tiba pada pukul 20.00 WIB.

Secara teknis pengemasan untuk keberangkatan, Bambang menyebut tidak ada perubahaan. Di mana, vaksin yang diamankan vaksin envirotainer diangkut menggunakan truk. Di dalam truk pun tersedia pendingin dengan suhu 2-8 derajat celcius.

Vaksin kemudian dipindahkan dari envirotainer untuk disimpan di cool room dengan suhu 2-8 derajat celcius. Ruangan tersebut telah disterilisasi dan disiapkan khusus untuk menyimpan vaksin Covid-19.

( )

"Sesuai persyaratannya ya, persyaratannya di 2-8 derajat Celcius, berarti kita simpan di 2-8 derajat selama distribusi sampai dengan Puskesmas. Dari bandara ke Bio Farma tetap suhunya segitu," kata dia.

Vaksin kemudian akan dilakukan pengambilan sampel untuk pengujian mutu oleh tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bio Farma.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1826 seconds (0.1#10.140)