Puncak Arus Balik, Kemenhub Imbau Pemudik Atur Waktu Perjalanan

Minggu, 03 Januari 2021 - 16:49 WIB
loading...
Puncak Arus Balik, Kemenhub Imbau Pemudik Atur Waktu Perjalanan
Ilustrasi kepadatan kendaraan di jalan tol. Foto/Dok SINDOphoto/Adam Erlangga
A A A
JAKARTA - Puncak arus balik masa libur Tahun Baru 2021 diprediksikan akan terjadi pada Minggu malam hari ini. Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi.

Menurut Budi, pada periode Mudik II sejak Selasa 29 Desember 2020 hingga Jumat 1 Januari 2021 terjadi pergerakan mudik keluar Jabodetabek sebanyak 523.520 kendaraan yang didata dari Gerbang Tol Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Cikupa, dan Ciawi. Sedangkan, total kendaraan yang belum kembali sebanyak 417.462.

"Hingga hari ini, lonjakan lalu lintas sudah naik namun belum signifikan. Dapat diprediksikan puncak arus balik akan terjadi di malam hari hingga menjelang pagi hari, tapi pastinya tidak akan sepadat seperti hari libur biasanya," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/1/2021).

( )

Oleh karena itu, dia juga mengimbau masyarakat agar mengatur waktu kepulangannya agar tidak terkena kemacetan di jalan dan sedapat mungkin menghindari perjalanan pulang pada puncak arus balik.

Dia melanjutkan, berdasarkan data yang tersedia dapat terlihat bahwa kondisi lalu lintas sangat kondusif dan tidak seramai liburan sebelumnya.

Hal ini menunjukkan banyak masyarakat yang mengikuti imbauan Pemerintah dan Satgas covid-19 untuk tidak berpergian, terutama apabila tidak ada urgensi yang tinggi.

"Saya tadi sempat melakukan overview menggunakan helikopter untuk memantau lalu lintas di daerah Puncak, Jawa Barat dan sekitarnya, hasilnya terpantau lancar, saya kira hal ini disebabkan masyarakat mulai sadar kalau ini bukan waktu yang baik untuk berpergian," lanjut dia.

(Baca juga: Punya IQ di Atas Rata-Rata, Begini Kelakuan Amanda Manopo Dulu )

Penurunan pergerakan masyarakat pada periode Nataru tahun ini juga dirasakan di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk dibandingkan dengan tahun 2019.

Sebelum libur natal, cukup banyak masyarakat dari Jawa melakukan perjalanan ke Sumatera, namun, hingga hari ini pemesanan tiket di empat pelabuhan tersebut masih belum mencapai batas kuota yang ditetapkan. Kuota untuk kendaraan di kapal penyeberangan yang telah tersedia banyak yang tidak digunakan oleh masyarakat.

Di sisi lain, guna menekan angka penyebaran Covid-19 di masa libur Nataru 2020/2021 ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat pun menyiapkan 20.000 rapid test antigen di terminal dan Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB). Selain itu, masyarakat yang melakukan perjalanan wajib menyertakan dokumen rapid test.antigen dengan hasil negatif.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)