Tertarik Beli Apartemen, Hitung Dulu Cicilan KPA Idealnya

Rabu, 06 Januari 2021 - 17:07 WIB
loading...
A A A
Sedangkan rumus yang digunakan untuk menghitung cicilan per bulan adalah cicilan ideal KPA, misalnya 70% kali (pendapatan total per bulan - pengeluaran rutin bulanan). Sebagai gambaran, jika pendapatan suami plus istri totalnya Rp 10juta per bulan, sedangkan pengeluaran rutin dan angsuran yang sedang berjalan Rp7 juta per bulan, maka cicilan KPA yang ideal adalah 70% x (Rp10 juta - Rp7 juta) = Rp 2,1 juta per bulan.

"Angka Rp 2,1 juta merupakan jumlah angsuran pokok dan bunga. Jadi, kita bisa mengira-ngira kemampuan untuk mengangsur apartemen dan tinggal mencari apartemen yang cicilan per bulannya tidak melebihi angka tersebut," saran Rini.

Dengan mengetahui besar cicilan KPA per bulan, kini Anda pun bisa mengetahui tenor pinjaman (lama masa kredit) dan jumlah kredit yang mungkin diperoleh. Caranya dengan mencocokkan jumlah cicilan per bulan pada tabel simulasi perhitungan KPA yang dikeluarkan bank, atau bisa juga dengan menggunakan kalkulator bank.

"Biasanya setiap bank menyediakan kalkulator atau simulasi KPA di situsnya. Kita tinggal memasukkan data yang diminta seperti nilai kredit yang diambil, uang muka, tenor KPA, dan gaji per bulan. Kalkulator akan menampilkan berapa kekuatan cicilan, maksimal harga apartemen yang bisa dibeli, minimal penghasilan yang disyaratkan, dan maksimal kredt yang bisa di dapat," jelasnya. (Aprilia S Andyna)
(wan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)