Siap-siap, Menko Airlangga Sebut Vaksinasi Dimulai Pekan Depan

Kamis, 07 Januari 2021 - 12:44 WIB
loading...
Siap-siap, Menko Airlangga Sebut Vaksinasi Dimulai Pekan Depan
Menko Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan minggu depan vaksinasi Covid-19 akan mulai dilakukan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah tengah menjadwalkan proses vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan minggu depan vaksinasi Covid-19 akan mulai dilakukan.

"Minggu depan akan melakukan vaksinasi yang mana beberapa negara juga sudah melakukan vaksinasi," ujar Airlangga di Jakarta, Kamis (7/1/2021).

(Baca Juga: Jelang Vaksinasi, Menkes Minta Media Bantu Ingatkan Dua Hal Ini)

Penjadwalan vaksinasi gratis ini juga dibarengi pengetatan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) di beberapa daerah di Jawa dan Bali. Sementara, di beberapa negara yang tengah melakukan vaksinasi memilih untuk melakukan lockdown agar proses imunisasi Covid-19 berjalan lancar. "Negara lain melakukan lockdown untuk melakukan vaksinasi. Tapi kita kan enggak, hanya membatasi saja," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memperkirakan biaya anggaran untuk proses vaksinasi gratis tahun ini mencapai sebesar Rp74 triliun. Alokasi ini meningkat dari perkiraan awal sebelumnya yang mencapai Rp54,4 triliun.

"Sesudah presiden menetapkan bahwa vaksinasi akan dilakukan secara gratis anggarannya bisa akan mencapai lebih dari Rp74 triliun," katanya.

(Baca Juga: Vaksin Disebar, Ekonomi Diyakini Membaik di Semester II)

Anggaran sebesar Rp74 triliun tersebut hanya untuk digunakan vaksinasi saja, belum untuk masalah kesehatan lainnya seperti imunisasi, sarpras, laboratorium, dan Litbang hingga bantuan iuran BPJS untuk PBPU atau BP.

"Ini untuk vaksinasi belum kita bicara tentang masalah kesehatan yang lain yang harus kita tangani ini masih banyak sekali APBN kita," ujarnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)