Ruang Kerja di Rumah Harus Nyaman dan Menarik

Jum'at, 08 Januari 2021 - 16:55 WIB
loading...
Ruang Kerja di Rumah Harus Nyaman dan Menarik
Penataan ruang kerja di rumah perlu dilakukan demi kenyamanan pengguna saat bekerja. (Foto: Dok/Dekoruma)
A A A
KEBIJAKANbekerja dari rumah (work from home) masih diterapkan pada awal tahun ini menyusul masih tingginya pandemi Covid-19. Karena itu,menciptakan ruang kerja yang layak di dalam rumah menjadi hal yang sangat penting saat ini.

Langkah itu bukan hanya untuk memaksimalkan produktivitas kerja, tetapi juga untuk membantu memisahkan kehidupan kerja Anda dari kehidupan rumah tangga secara mental. Lingkungan layaknya kantor di rumah Anda dapat dibuat menarik dan nyaman agar Anda bisa berlama-lama di tempat itu.

Danny Seo, pakar gaya hidup ramah lingkungan mengatakan, tempat bekerja di rumah harus terasa menginspirasi dan menggabungkan tampilan keseluruhan interior rumah dari palet warna hingga dekorasi. Ruang kerja menjadi apik, fungsional, dan berkelanjutan.

Menurutnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat tempat penyimpanan yang bergaya. Setiap kantor membutuhkan ruang penyimpanan, tetapi jangan terbatas pada lemari arsip logam yang terlihat industri. Daripada membeli lemari, coba cari cara kreatif untuk menggunakan kembali jenis barang lainnya. Pikirkan meja rias, papan samping, atau lemari lainnya.

"Ini akan memberi nuansa ruang kerja Anda lebih hangat dan hommy, namun tetap memuat segala kebutuhan kerja Anda," ungkapnya, seperti dikutip myDomaine.

Kemudian, ubah dinding layaknya ruang kerja sungguhan. Tidak peduli ukurannya, Anda dapat memaksimalkan efisiensi ruang kantor Anda dengan memanfaatkan setiap permukaan.

"Ubah dinding menjadi untuk menyimpan daftar tugas, brainstorming, kata, atau seni penuh inspiratif dan lainnya dengan menggunakan papan penanda atau papan tulis," tambah Seo.

Dinding seperti ini memang menjadi ciri khas kantor. Tidak harus formal, Anda juga bisa berkreasi di bagian ini dengan menggunting beberapa gambar dan menempelnya layaknya scrapbook.

Ia juga menyatankan untuk menambahkan sentuhan pribadi agar tidak bosan dan merasa ruangan tersebut tetap rumah Anda. Dan menambahkan kehidupan ke dalam ruang kantor Anda sangatlah sederhana. Misalnya, Seo menyarankan untuk menambahkan beberapa tanaman dengan perawatan rendah karena akan menambah kesan segar dan menggembirakan pada ruangan. Juga, gabungkan beberapa potongan dekorasi pribadi seperti foto, kenang-kenangan, dan mungkin beberapa penghargaan. Jangan lupa dinding atau bagian rak ini akan menjadi latar belakang yang sangat menarik saat Anda melakukan rapat virtual.

Mengenai furnitur, selain tempat penyimpanan jangan lupakan meja. Jangan terlalu kaku untuk menghadirkan meja layaknya di kantor sungguhan. Meja kayu yang biasa digunakan di ruang makan juga tidak masalah. Cara cerdas lainnya untuk menciptakan ruang kerja yang apik dengan anggaran terbatas ialah dengan menggunakan rak apung sebagai meja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)