BLT Emak-emak Telah Disalurkan, Kini Giliran Bantuan Sembako

Selasa, 12 Januari 2021 - 14:01 WIB
loading...
BLT Emak-emak Telah Disalurkan, Kini Giliran Bantuan Sembako
Februari mendatang pemerintah kembali akan menyalurkan Bantuan Sembako. (Foto: Dok. Sindonews)
A A A
JAKARTA - Di bulan Januari ini, Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) ibu rumah tangga melalui bank-bank milik negara (Himbara). Selanjutnya, di bulan Februari mendatang pemerintah kembali akan menyalurkan Bantuan Sembako.

Menteri Sosial (Mensos)Tri Risma Maharani mengatakan, untuk Bantuan Sembako pada bulan Februari akan ada mekanisme laporan yang lebih detail dan telah diperbarui. “Sehingga tidak ada lagi pihak-pihak yang memotong atau menyelewengkan bantuan,” kata Mensos seperti dikutip lama Instagram Kemensos di Jakarta, Selasa (12/1/2021).

(Baca juga:Kalo Belum Terima BLT Sabar Ya Bun, Ada Pandemi dan Indonesia Luas)

Menurutnya, di tahun ini, penyaluran bantuan sosial akan dimulai serentak pada pertama di bulan Januari guna menjaga perputaran ekonomi. “Meski demikian, terdapat mekanisme khusus untuk beberapa daerah terpencil,” katanya.

(Baca juga:BLT Emak-emak Disalurkan Empat Tahap, Bulan Ini Sudah Cair Nih)

Ada tiga jenis bansos yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan mulai disalurkan pada 4 Januari 2020. Rinciannya, Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai.

Berdasarkan data yang dirilis Kemensos, salah satu bantuan PKH yang diberikan adalah untuk ibu hamil dan balita yang mendapatkan masing-masing Rp3 juta.

(Baca juga:Sudah Cair ya Bunda, Ini Rincian BLT Keluarga Harapan Rp15 Juta)

Bantuan tersebut diberikan selama satu tahun dan disalurkan dalam empat tahap, yakni pada Januari, Juli, dan Oktober. Penyaluran bantuan melalui Himpunan Bank Negara (BNI, BRI, Mandiri, dan BTN).

Selain itu, penyandang disabilitas berat juga mendapatkan bantuan senilai Rp2,4 juta dan penduduk lanjut usia 70 tahun ke atas senilai Rp2,4 juta.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)