BLT Dana Desa Mau Cair, Sri Mulyani Colek Risma Soal Update Data

Selasa, 19 Januari 2021 - 17:21 WIB
loading...
BLT Dana Desa Mau Cair, Sri Mulyani Colek Risma Soal Update Data
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, BLT Dana Desa ini targetnya untuk masyarakat desa yang belum mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari pusat dan daerah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan akan segera menyalurkan bantuan langsung tunai (blt) pada masyarakat desa. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, BLT Dana Desa ini targetnya untuk masyarakat desa yang belum mendapatkan bantuan sosial (bansos) dari pusat dan daerah.

Untuk itu Kementerian Sosial (Kemensos) yang digawangi oleh Sosial Tri Rismaharini (Risma) agar memperbaiki data penerima BLT untuk masyarakat desa.

"Data, yang perlu kita perbaiki. Seperti Kementerian Sosial harus melakukan perbaikan data seiring pelaksanaan bansos dan kita melihat ada yang berapa yang dapat program keluarga harapan (pkh) dan berapa yang sembako, BLT Jabodetabek maupun non Jabodetabek dan memberikan dana desa agar kemensos mendapatkan data update," kata Menkeu Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (19/1/2021).

Kata Sri Mulyani, penerimaan BLT ini banyak datanya enggak update. Jadi terang dia, saat ini sedang difokuskan update Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) secara berjenjang dan bertahap.

"Kita mau update sampai dengan kabupaten dan kelurahan, sampai RT hingga RW. Dana desa update data terpadu bansos ini butuh waktu. Covid-nya melonjak, jadi kita memutuskan pertanhankan sebagai dana desa bantuan sosial untuk bansos," katanya.



Dia menambahkan, akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa dan Kementerian Sosial agar penyaluran BLT ini bisa tepat sasaran. "Kita bekerjasama dengan kementerian terkait terutama sosial dan desa serta Kemendagri," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2542 seconds (0.1#10.140)