Elnusa Optimis Mampu Mendukung Produksi Minyak 1 Juta Bph

Kamis, 28 Januari 2021 - 13:12 WIB
loading...
Elnusa Optimis Mampu Mendukung Produksi Minyak 1 Juta Bph
Elnusa terus berupaya untuk mendukung pemerintah memenuhi target produksi minyak 705.000 bph di tahun 2021. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Elnusa Tbk (Elnusa) siap untuk lebih gencar meningkatkan kinerja di tahun 2021 melalui beberapa prioritas serta target yang telah dibidik. Salah satu upaya yang akan ditempuh adalah mendukung pemerintah dalam merealisasikan produksi minyak 1 juta barel per hari (bph) .

Direktur Utama Elnusa Ali Mundakir mengatakan, saat ini Elnusa terus berupaya untuk mendukung pemerintah memenuhi target produksi minyak 705.000 bph di tahun 2021. Merujuk data Ditjen Migas ESDM mengenai konsumsi domestik BBM pada kondisi normal, yaitu di kisaran 1,5 juta bph dan bila diasumsikan bahwa kebutuhan tersebut turun 30% karena pandemi maka masih ada 1 juta bph yang harus dipenuhi.



"Tentu saja masih belum cukup bila mengandalkan produksi nasional yang berada pada kisaran 745.000 bph. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut harus dilakukan impor. Program-program dalam upaya untuk mempertahankan maupun meningkatkan produksi minyak nasional merupakan peluang besar Elnusa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (28/1/2021).

Ali melanjutkan, secara fundamental bisnis Elnusa ini akan terus berjalan sesuai dengan pemenuhan kebutuhan energi nasional. "Bagi kami ini merupakan suatu fundamental yang sangat kokoh untuk kami lakukan ekspansi bisnis," imbuhnya.

SKK Migas sudah mencanangkan empat pilar target produksi minyak nasional satu 1 juta bph di tahun 2030. Pertama, menjaga produksi existing, kedua percepatan resource to production, penerapan Enhance Oil Recovery (EOR), dan yang terakhir adalah Giant Discoveries.

Menurut Ali, dari empat pilar tersebut Elnusa memiliki portofolio bisnis yang berimbang dan lengkap dari hulu hingga hilir. Hingga saat ini Elnusa telah berkontribusi dan akan terus berperan aktif melalui kompetensi yang dimilikinya.

Dalam pilar pertama menjaga produksi existing, Elnusa memiliki kompetensi dan kapabilitas di sektor hulu migas melalui berbagai jasa operasi produksi dan maintenance untuk lifting migas. Jasa ini terdiri dari well intervention, drilling/workover hingga O&M. Khusus untuk drilling, Elnusa telah mengembangkan fabrikasi secara mandiri Hydraulic Workover & Drilling Unit (HWD-Unit) sehingga biaya drilling untuk sumur-sumur baru lebih competitive. Inovasi ini merupakan Pertama di Indonesia bahkan dunia.

Pilar kedua percepatan resources to production dan ketiga penerapan EOR. Kedua pilar ini dimiliki Elnusa masih melalui sektor hulu migas handal dalam jasa EPC di hulu migas seperti konstruksi stasiun kompresor gas di Pertamina EP.

Sementara itu, pada penerapan EOR Elnusa telah menjalin kemitraan strategis dengan pabrikan chemical terkemuka dan juga telah mempunyai kompetensi untuk melakukan operasi EOR secara mandiri, yaitu injeksi polimer di lapangan Tanjung. Selain itu, Elnusa juga terlibat aktif melakukan uji coba lapangan metode baru EOR yang menggunakan vibroseis di lapangan Jambi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2619 seconds (0.1#10.140)