Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Ungkap Pemulihan Ekonomi RI Butuh 5 Tahun

Sabtu, 30 Januari 2021 - 14:01 WIB
loading...
Direktur Pelaksana Bank Dunia Mari Elka Ungkap Pemulihan Ekonomi RI Butuh 5 Tahun
Direktur Pelaksana Bank Dunia, Mari Elka Pangestu menerangkan, dibutuhkan waktu hingga lima tahun agar perekonomian Indonesia bisa kembali pulih dan normal atau tumbuh seperti sebelum adanya pandemi ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Direktur Pelaksana Bank Dunia , Mari Elka Pangestu mengungkapkan, pandemi Covid-19 telah memberikan tekanan pada perekonomian di seluruh negara, salah satunya Indonesia. Menurutnya pertumbuhan ekonomi masih akan di bawah potensi hingga beberapa tahun ke depan. Maka itu, dibutuhkan waktu hingga lima tahun agar perekonomian Indonesia bisa kembali pulih dan normal atau tumbuh seperti sebelum adanya pandemi ini.

"Jadi apabila kita kontraksi 2%, kita butuh 1% di bawah potensi, 4%. Di mana dua hingga tiga tahun ke depan, mungkin kita perlu waktu tiga hingga lima tahun untuk kembalikan situasi seperti pre-Covid-19," ujar dia dalam webinar Forum Diskusi Salemba 46, Sabtu (30/1/2021).

Pihaknya, menilai situasi yang sama juga terjadi saat krisis ekonomi tahun 1998. Akan tetapi, dirinya melihat, saat itu Indonesia memerlukan waktu untuk kembali pulih sekitar delapan tahun. "Krismon 98 itu kontraksi yang sangat berat dan memerlukan beberapa tahun," ungkap dia.

Baca Juga: Tarik Balik Investor dan Profesional, UEA Tawarkan Kewarganegaraan

Dia juga menambahkan, sangat penting untuk melakukan perubahan dan transformasi agar ekonomi bisa bangkit. Dan, pandemi ini juga membuat pertumbuhan ekonomi di seluruh negara bisa di bawah potensinya selama bertahun-tahun.

"Maka itu yang harus kita sadari adalah, apa yang terjadi dengan pandemi ini, seperti adanya kontraksi. Lalu, kita akan mengalami pertumbuhan yang di bawah potensi. Dan ini akan diperkirakan berlangsung sepuluh tahun jika kita tidak melakukan perubahan-perubahan dari segi kebijakan maupun recovery investment," tandas dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2723 seconds (0.1#10.140)