Awal Pekan, Mata Uang Garuda Diprediksi Terbang Melandai

Senin, 01 Februari 2021 - 09:36 WIB
loading...
Awal Pekan, Mata Uang Garuda Diprediksi Terbang Melandai
foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah pada hari ini diprediksi akan melemah. Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, pagi ini terlihat indeks saham Asia kembali menguat setelah mengalami kejatuhan dalam di pekan lalu. Ini kemungkinan karena awal bulan, para manajer aset mulai kembali mengkoleksi saham-saham. ( Baca juga:Kurs Rupiah Diyakini Masih Tak Berdaya Hari Ini Melawan USD )

"Minat terhadap aset berisiko ini mungkin bisa membantu penguatan nilai tukar emerging market terhadap dolar AS hari ini," kata Ariston di Jakarta, Senin (1/2/2021).

Tapi di sisi lain, kasus Covid-19 yang terus meninggi, terutama di Indonesia, yang dikhawatirkan akan terjadi pembatasan aktivitas ekonomi yang lebih ketat, bisa mendorong pelemahan rupiah. Sementara mengenai data inflasi Indonesia, ekspektasi para analis menunjukkan kenaikan inflasi di bulan Januari tidak setinggi bulan sebelumnya.

"Ekspektasi sebesar 1,5% y/y vs 1,68% y/y data sebelumnya. Ekspektasi yang lebih rendah ini kemungkinan karena PPKM," bebernya.

Menurut Ariston, pasar sudah mengantisipasi hal ini. Kecuali nilainya jauh lebih rendah dari ekspektasi atau jauh lebih tinggi dari ekspektasi, sehingga tidak berpengaruh ke rupiah. Inflasi yang jauh lebih rendah dari ekspektasi mungkin bisa menekan rupiah karena itu bisa menunjukkan turunnya aktivitas ekonomi Indonesia. ( Baca juga:Trinita Tuhan-Tuhan Tandingan yang Disembah Manusia Sejak Zaman Awal )

"Hari ini IDR (rupiah) ada kemungkinan melemah, mungkin bergerak di kisaran 14.000-14.100," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1472 seconds (0.1#10.140)