11 Juta Vaksin Covid Tahap 4 Diperuntukkan Petugas Layanan Publik Hingga TNI

Selasa, 02 Februari 2021 - 13:02 WIB
loading...
11 Juta Vaksin Covid Tahap 4 Diperuntukkan Petugas Layanan Publik Hingga TNI
Vaksin Covid-19 Sinovac. Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Pemerintah memastikan 11 juta bahan baku vaksin Covid-19 masih diperuntukkan bagi petugas publik dan tenaga layanan publik, TNI, dan Polri. Proses vaksinasi itu akan dimulai pada akhir Februari 2021.

Sekretaris Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan, setelah proses produksi dilakukan, pihaknya tetap mengontrol agar kualitas vaksin tetap terjaga. Dalam pelaksanaannya, perseroan menggunakan sistem manajemen distribusi vaksin (SMDV) yang terintegrasi dan dilengkapi dashboard internet.

"Vaksin yang sudah jadi akan dialokasikan untuk petugas publik dan tenaga layanan publik, TNI, Polri mulai akhir Februari 2021. Proses pendistribusian vaksin Covid-19 utk menjaga kualitas vaksin agar terjaga, Bio Farma menggunakan sistem manajemen distribusi vaksin (SMDV) yang terintegrasi dilengkapi dashboard internet," ujarnya, Selasa (2/2/2021).

( )

Manajemen perseroan juga memastikan, kemasan 3 juta vaksin Covid-19 yang sudah didistribusikan ke 34 Provinsi di Indonesia akan berbeda dengan kemasan vaksin yang akan dan tengah di produksi.

Bambang menyebut, kemasan yang berbeda tidak mempengaruhi kualitas vaksin. "Demikian perbedaan kemasan tapi tidak mempengaruhi kualitas," kata dia.

Saat ini Bio Farma tengah memproduksi 15 juta bahan baku vaksin Sinovac yang ditargetkan dapat menghasilkan 13 batch atau 13 juta dosis vaksin. Ini diperkirakan akan selesai produksinya pada 11 Februari 2021.

Sementara itu, kedatangan vaksin tahap 4 yang berupa 10 juta bahan baku dan 1 juta vaksin setengah jadi yang baru saja tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan diproduksi pada 13 Februari 2021 dan diharapkan selesai pada 20 Maret tahun ini.

Dari kedua tahap produksi itu, manajemen perseroan akan memberikan penamaan kemasan vaksin Covid-19 dengan nama Covid-19 vaksin. Kemasan ini berbeda dengan vaksin yang sudah didistribusikan sebelumnya yang dikenal dengan Coronavax.

( )

Kemasan vaksin Coronavax yang sebelumnya dikemas dalam single dose atau dosis tunggal dikemas dalam satu dus yang berisi 40 vail sehingga satu dus berisi 40 dosis.

Sementara vaksin Covid-19 yang saat ini akan diproses di Biofarma akan dikemas dalam kemasan multidose di mana satu veil berisi 10 dosis dan dalam 1 dus ada 10 vail sehingga 1 dus berisi 100 dosis.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)