Pengen Jadi Pengusaha SPBU Mini Pertamina, Bisa Utang KUR Lho!

Rabu, 03 Februari 2021 - 20:12 WIB
loading...
Pengen Jadi Pengusaha SPBU Mini Pertamina, Bisa Utang KUR Lho!
Ilustrasi SPBU Mini Pertamina. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintah menawarkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) digunakan untuk usaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mini resmi dari Pertamina atau sering disebut dengan Pertashop . Kredit Pertashop bisa didapatkan melalui Bank Himbara yakni, BRI, Mandiri dan BNI.

"Kita menemukan cara dan pola terbaik mendorong penyaluran KUR untuk implementasi Program Pertashop, sehingga tujuan besar penyaluran KUR dan Pertashop bisa dicapai bersama. Ini akan menjadi wujud sinergi dan kolaborasi BUMN, Kemenko Perekonomian, serta Kemendagri dengan tujuan memberikan beragam manfaat bagi masyarakat yang kita layani," kata Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kemenko Perekonomian, Gede Edy Prasetya melalui keterangan resmi yang dikutip, SINDOnews, di Jakarta, Rabu (3/2/2021).



Gede menjelaskan, KUR adalah kredit pembiayaan baik untuk modal kerja dan atau untuk investasi yang bisa menjadi salah satu upaya membantu masyarakat dalam kondisi yang sulit saat ini. Capaian KUR ditahun 2020 sangat baik, mencapai 197 Triliun Rupiah atau 103% dari target, dan tahun 2021 kami targetkan penyaluran KUR mencapai 253 Triliun.

Menurut dia inovasi kerja sama akses KUR untuk Program Pertashop bermanfaat bagi calon mitra dan masyarakat. "Potensi bisnis portofolio Pertashop sebagai lembaga penyalur energi resmi Pertamina ke masyarakat potensinya sangat bagus dan masih bisa dikembangkan inovasi layanannya," kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading Mas’ud Khamid mengatakan Pertashop adalah salah satu jawaban untuk penyaluran energi hingga ke desa dan titik yang belum dilayani Pertamina, sebagai bentuk mendukung ketahanan energi tidak berhenti hingga SPBU, dan sebagai anchor peningkatan ekonomi didaerah tersebut. Saat ini, sudah beroperasi sebanyak 1.112 unit Pertashop yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia, dan untuk 2021, ditargetkan sebanyak 10 ribu Pertashop baru sudah dapat beroperasi.



"Pertashop adalah salah satu implementasi Program One Village One Outlet (OVOO) yang bertujuan untuk mempermudah aksesibilitas energi bagi masyarakat dengan kualitas dan harga yang sama. Pertashop akan melayani dan mendekatkan kebutuhan energi masyarakat sekaligus menggerakkan perekonomian daerah," ujar Mas’ud Khamid.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1904 seconds (0.1#10.140)