Terangi Desa Bantilang, PLN Andil Tingkatkan Kualitas Lada Sulsel

Kamis, 04 Februari 2021 - 13:43 WIB
loading...
A A A


Penuh tantangan bagi PLN melistriki wilayah tersebut, karena harus menyeberang danau dan akses jalur darat yang juga belum mulus.

Di kawasan tersebut, PLN memiliki 924 pelanggan dengan potensi penambahan 200 pelanggan.

PLN membangun sepanjang 45 KMS jaringan tegangan menengah. Bersamaan dengan beroperasinya JTM tersebut, pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Loeha juga dinonaktifkan sehingga penyaluran tenaga listrik lebih efisien.
Terangi Desa Bantilang, PLN Andil Tingkatkan Kualitas Lada Sulsel

Manager UP2K PLN Sulawesi Selatan, Syaifuddin menjelaskan, akhir tahun 2019 bersama Bupati Lutim, Almarhum Muhammad Thoriq Husler dan unsur muspida di daerah tersebut, pihaknya mengoperasikan jaringan listrik untuk melayani masyarkat di lima desa di Kecamatan Towuti, Kabupaten Lutim.

Lima desa ini sebelumnya sudah berlistrik namun hanya 6 jam, yakni jam 06.00 Wita sampai 12.00 malam, sehingga masyarakat begitu antusias dengan hadirnya layanan PLN , seremonialnya ramai sekali, sambutan masyarakat begitu hangat.



“Proses pembangunan jaringan listrik ini cukup fenomenal, karena kami membangun jaringan listrik sepanjang 50 km, mengintari Danau Towuti dengan kondisi jalan yang rusak berat,” terangnya.

Proses pembangunannya kurang lebih tiga bulan, melibatkan sekitar 300 orang tenaga kerja mitra PLN dan dukungan alat berat dari Pemkab Lutim , serta izin melintas yang diberikan oleh PT Vale membuat pekerjaan ini dapat selesai tepat waktu, sehingga masyarakat di Desa Bantilang, Desa Tokalimbo, Desa Rantenagin, Desa Loeha & Desa Massiku dapat menikmati layanan PLN selama 24 Jam.

Dia memaparkan, untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Provinsi Sulawesi Selatan, PLN UIW Sulselrabar , UP2K Sulsel melaksanakan pembangunan jaringan listrik ke pelosok-pelosok desa yang tersebar di 21 Kabupaten di Sulawesi selatan. Jaringan listrik tersebut yang akan menghantarkan tenaga listrik hingga ke rumah masyarakat yang selama ini belum mendapatkan pelayanan dari PLN .

“Berdasarkan hitungan kami, rasio elektrifikasi Provinsi Sulawesi Selatan saat ini sebesar 99,99%, yang terdiri dari rumah tangga pengguna listrik PLN & rumah tangga pengguna listrik non PLN ,” terangnya.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2402 seconds (0.1#10.140)