Geger Pulau Gili Tangkong di Lombok Dijual, BPN: Itu Cuma Isu

Senin, 08 Februari 2021 - 15:27 WIB
loading...
Geger Pulau Gili Tangkong di Lombok Dijual, BPN: Itu Cuma Isu
Ilustrasi. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) buka suara terkait isu penjualan pulau yang muncul dalam beberapa hari belakangan. Apalagi, isu penjualan ini tidak hanya satu pulau saja.

Yang terbaru adalah kabar dijualnya Pulau atau Gili Tangkong di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Gili Tangkong ddijual secara online melalui situs private island online ke investor dalam perusahaan atau pribadi.

Direktur Pengendalian Hak Tanah, Alih Fungsi Lahan, Kepulauan dan Wilayah Tertentu Kementerian ATR/BPN Asnawati mengatakan, penjualan pulau yang muncul hanya sebatas isu. Meskipun, isu tersebut bergulir begitu kencang dalam beberapa hari belakangan.

“Memang kami tidak menampik adanya isu penjualan pulau ke orang asing. Tapi alhamdulillah sepanjang saya ketahui itu hanya sebatas isu,” ujarnya dalam acara Konferensi Pers PPTR Expo 2021 menjawab publik di Kantor Kementerian ATR/BPN, Senin (8/2/2021).



Sebab lanjut Asnawati, dirinya pernah dua kali bertugas di wilayah pesisir pulau kecil atau daerah Kepulauan. Pertama adalah ketika dirinya bertugas di Nusa Tenggara Barat dan kedua adalah ketika bertugas di Kepulauan Riaua.

“Kami dari Direktorat Pengendalian Hak Tanah, alih fungsi lahan subdit di wilayah pesisir pulau-pulau kecil kaitannya dengan isu penjualan pulau ke orang asing, kebetulan saya sendiri pernah bertugas dua kali di tempat yang wilayahnya terdiri dari Kepulauan. Tepatnya di NTB dan Kepulauan Riau,” jelasnya.

Meskipun begitu, pihaknya berusaha agar isu tersebut tidak menjadi kenyataan. Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi hal tersebut.

“Akan tetapi berangkat dari isu tentu kami akan mengambil langkah bijak bagaimana mengantisipasi bagaimana isu tersebut jangan sampai menjadi kenyataan. Artinya bagaimana kami untuk mengembangkan supaya hal-hal yang menjadi isu tersebut tidak terjadi,” jelasnya.

Sebagai informasi, Selain Gili Tangkong, situs Private Island Online juga menawarkan sejumlah pulau lain di Indonesia. Terdapat 8 pulau di Indonesia yang ditawarkan salah satunya Gili Tangkong. Adapun 8 pulau yang dijual, yakni Pulau Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, Pulau Gili Tangkong, Lombok Barat, NTB
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2437 seconds (0.1#10.140)