Ekonom Yakin Pasar Keuangan Indonesia Akan Membaik Tahun Ini

Senin, 15 Februari 2021 - 13:27 WIB
loading...
Ekonom Yakin Pasar Keuangan Indonesia Akan Membaik Tahun Ini
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Ekonom PT Pefindo, Fikri C Permana memprediksi bahwa kondisi pasar keuangan Indonesia akan lebih baik pada tahun ini jika dibandingkan dengan tahun 2020. Menurutnya, tahun ini seharusnya tekanan yang ada sudah lebih rendah.

"Karena sudah ada vaksin di 2021 ini. Tetapi tetap saja resiko masih ada karena kita harus melihat bahwa pemulihan ekonomi ini akan seperti apa karena tentunya ini akan bergantung pada individu yang ada di masyarakat," ucapnya dalam acara Market Review IDX Channel, Senin (15/2/2021).

( )

Fikri menambahkan, secara keseluruhan hal ini akan berbalik kepada masing-masing pemerintah dan kepada masing-masing individu bagaimana untuk mendorong kepercayaan masyarakat untuk memulai konsumsi, memperbaiki investasi dan juga mendorong hal-hal produktif.

Sebab, dalam beberapa waktu terakhir walaupun suku bunga berada di level yang rendah stimulus fiskal juga diberikan dengan nilai yang cukup tinggi dan stimulus apapun yang diberikan ternyata tidak berdampak banyak terhadap sisi produksi atau sektor riil yang ada di Indonesia atau di global.

Selain itu, stabilitas pasar keuangan di tahun 2021 dinilai cukup ditunjang dengan kebijakan fiskal dan moneter yang sangat-sangat akomodatif dan juga ekspansif.

( )

"Saya rasa dua hal tersebut akan mendorong pemulihan kepercayaan terhadap konsumen maupun dari sisi produksi di seluruh dunia ditambah juga dengan harga komoditas yang lagi positif dalam beberapa waktu terakhir atau setidaknya 42 dari 52 komoditas global yang diperdagangkan sekarang kan nilainya sedang stabil," kata dia.

Dia berharap, dengan adanya catatan positif tersebut hal itu akan mendorong stabilitas di dalam negeri khususnya. Karena menurutnya Indonesia juga mempunyai ketergantungan terhadap komoditas yang cukup besar.

( )

"Di sisi lain dalam beberapa waktu terakhir masalahnya tetap efektivitas dari vaksin seperti apa, dan recovery ekonomi dengan adanya PPKM mungkin ini akan memperlambat recovery ekonomi di tahun 2021 saya rasa. Tapi bagaimanapun secara keseluruhan saya masih melihat hal positif akan terjadi dalam perekonomian baik di global ataupun domestik di tahun 2021 ini," ujarnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)