Pandemi Jadi Pukulan Keras ke Ekonomi, Sri Mulyani: RI Selalu Belajar dari Krisis

Rabu, 17 Februari 2021 - 10:31 WIB
loading...
Pandemi Jadi Pukulan Keras ke Ekonomi, Sri Mulyani: RI Selalu Belajar dari Krisis
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, Indonesia selalu belajar dari krisis dalam menghadapi pandemi Covid-19. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, Indonesia selalu belajar dari krisis dalam menghadapi pandemi Covid-19 . Lebih lanjut ditekankan, pemerintah mengambil langkah besar, tapi terukur untuk menghadapi pandemi. Mulai dari mengatasi penyebaran Covid-19, melindungi daya beli jutaan masyarakat miskin dan rentan, menjaga keberlangsungan dunia usaha termasuk UMKM.

"Pandemi Covid-19 telah memberikan tekanan besar bagi perekonomian. Tapi Indonesia selalu belajar dari setiap krisis dan meneruskan reformasi," kata Sri Mulyani dalam temu bincang dengan pimpinan Media di Jakarta, Rabu (17/2/2021).



Dia mencontohkan seperti reformasi paska krisis ekonomi Asia pada tahun 1998. Di antaranya, reformasi tatanan politik yang lebih demokratis dan otonomi daerah . Lalu Tata Kelola Perbankan (UU BI) dan tata kelola keuangan negara.

"Perbaikan tata Kelola sektor keuangan, termasuk melalui Pembentukan OJK dan Komite Stabilitas Sistem Keuangan," imbuhnya.



Sambung Mantan Direktur Bank Dunia itu menambahkan, Indonesia optimis (meski tetap waspada) pandemi dapat dikendalikan dan aktivitas sosial ekonomi terus berangsur pulih. "APBN 2021 ekspansif dan difokuskan untuk melanjutkan penanganan pandemi dan memperkuat pemulihan ekonomi melalui realokasi ke belanja produktif dan penguatan Program PEN," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)