Calon Guru Siap-siap Daftar PPPK di Bulan April ya, Kuota 500.000

loading...
Calon Guru Siap-siap Daftar PPPK di Bulan April ya, Kuota 500.000
Guru mengajar di kelas. Foto/Dok SINDOphoto/Eko Purwanto
JAKARTA - Pemerintah membutuhkan sekitar 1 juta tenaga pendidik atau guru pada tahun ini. Sehingga kebutuhan tersebut rencananya akan dipenuhi lewat seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan dibuka pada tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana mengatakan, rencananya pendaftaran PPPK untuk akan dilakukan pada April 2021 mendatang. Namun belum diketahui apakan seleksi PPPK khusus guru ini akan disatukan dengan formasi lain atau tidak. “April untuk (pendaftaran) PPPK Guru,” ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (18/2/2021).

(Baca juga: Untuk Biaya Hidup, Oknum Guru di Palangka Raya Nekat Membobol Rumah )

Sementara itu, Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Teguh Widjinarko mengatakan, pemerintah menetapkan kebutuhan guru dan tenaga pengajar pada tahun ini adalah 1 juta formasi. Namun sayangnya, kebutuhan formasi itu tidak mencapai target karena baru sekitar 500.000 yang mengajukan. “Untuk program 1 juta PPPK, baru masuk sekitar 500.000,” ucapnya.

Senada dengan Teguh, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Andi Rahadian mengatakan, ada usulan untuk seleksi PPPK guru yang mencapai 500.000 formasi. Jumlah tersebut nantinya akan tersebar ke beberapa pemerintah daerah di seluruh Indonesia.





“Perkiraan untuk rekrutmen guru PPPK terdapat usulan formasi sebesar sekitar 500.000 yang tersebar di lebih dari 420 Pemprov, Pemkab, Pemkot di Indonesia,” jelasnya.
(ind)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top