Begini Cara Kemenparekraf Dorong Pemulihan Pariwisata Nasional

Jum'at, 19 Februari 2021 - 19:51 WIB
loading...
Begini Cara Kemenparekraf Dorong Pemulihan Pariwisata Nasional
Ilustrasi wisata di Borobudur. ANTARA FOTO/Anis Efizudin
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah mempercepat proses adaptasi dan kolaborasi untuk mengembangkan destinasi wisata di sejumlah daerah. Komitmen itu terkait perencanaan integrated master plan yang mengadvokasi dan menginisiasi berbagai potensi wisata di dalam negeri.

Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi, Fransiskus Teguh menyebut, pihaknya tengah mengembang program yang diyakini mampu mendorong kemajuan destinasi secara nasional.
Program tersebut diantaranya adalah pembangunan infrastruktur wisata di zona yang ditetapkan, peningkatan sumber daya manusia (SDM), hingga program yang mampu meningkatkan kualitas wisatawan.

"Destinasi yang berkualitas dan berkelanjutan dan proyek penting. Ini manusia dan fokus ke manusia, percepatan pembangunan infrastruktur yang hadir saat ini di Labuan Bajo, juga dibarengi dengan transformasi sesuai budaya peningkatan sumber daya manusia dan masyarakat," ujar dia Jumat (19/2/2021).



Program juga terkait dengan upaya untuk mempercepat kerja-kerja inovasi di sektor wisata. Untuk kolaborasi dengan pihak terkait, Kemenparekraf berharap ada program kementerian dan lembaga yang sejalan atau seirama dengan upaya mendorong kemajuan destinasi nasional.

Tentunya, langkah itu sesuai dengan ekspektasi publik bahwa pemerintah perlu kerja serius untuk menghadirkan pembangunan pariwisata untuk menambah nilai ekonomi, budaya, dan sosial bagi masyarakat sekitar pariwisata.

Baca Juga: KEK Pariwisata MNC Lido City Bisa Berikan Manfaat Bagi Lingkungan Sekitar

"Fokus pertumbuhannya, penyebarannya terjadi akan kita lakukan bertahap. ini sejalan juga dengan rencana kita untuk membangun kesiapan masyarakat untuk program CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, dan Environmental Sustainability) dan hub dan berbagai upaya untuk mendorong adanya keseimbangan konservasi dan juga perhatian kita kepada masyarakat dan sekitarnya," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)