PII Jamin Proyek Air Minum Jatiluhur 1 Selama 15 Tahun

Jum'at, 19 Februari 2021 - 23:35 WIB
loading...
PII Jamin Proyek Air Minum Jatiluhur 1 Selama 15 Tahun
Penandatangan Kerja Sama Pembangunan Proyek SPAM Jatiluhur 1, di Gedung PUPR Jakarta, Jumat (19/2/2021). FOTO/dok. PT PII
A A A
JAKARTA - PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero)/ PT PII terus berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam mendorong percepatan pembangunan proyek-proyek infrastruktur khususnya yang terkait kesehatan, air minum dan sanitasi. PT PII kali ini memberikan penjaminan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jatiluhur I dengan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"PT PII sebagai SMV Kementerian Keuangan telah memberikan penjaminan selama 15 tahun untuk menjamin risiko gagal bayar dan terminasi. Diharapkan memberikan kontribusi dalam mengatasi dampak pandemi COVID-19, selain sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional," ujar Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo, Jumat (19/2/2021).



Dia mengatakan Proyek SPAM Regional Jatiluhur I merupakan proyek pembangunan dan pengoperasian SPAM berkapasitas 4.750 liter/detik yang dilaksanakan dengan skema KPBU untuk jangka waktu kerjasama sampai dengan 27,5 tahun setelah tanggal operasi komersial (Comercial On Date/COD). Adapun SPAM tersebut akan memasok kebutuhan di wilayah DKI Jakarta, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi dan Kabupaten Karawang. "Proyek diestimasikan mampu melayani kuramg lebih 380.000 Sambungan Langganan (SL)," kata dia.

Tidak hanya itu, proyek tersebut diharapkan memberikan tambahan manfaat secara langsung, yakni meningkatkan cakupan air bersih di kota Jakarta sampai dengan 4.000 liter per detik, Kota Bekasi sebesar 300 lpd, Kabupaten Bekasi sebesar 100 lpd dan Kabupaten Karawang sebesar 350 lpd, mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan air tanah dan mencegah terjadinya penurunan permukaan tanah, membuka lapangan kerja melalui investasi sebesar Rp1,675 triliun serta membantu mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 dengan menyediakan air bersih untuk fasilitas cuci tangan. Secara tidak langusng proyek tersebut mampu meningkatkan kesehatan dengan peningkatan kualitas air yang diterima pelanggan seperti adanya pengurangan morbiditas atu mortalitas terhadap penyakit yang disebabkan buruknya kualitas air.

"Proyek SPAM Regional Jatiluhur I adalah proyek ke-32 yang mendapatkan skema penjaminan dari PT PII dan Proyek SPAM yang ke 5 setelah SPAM Umbulan, SPAM Bandar Lampung,SPAM Semarang Barat dan SPAM Pekanbaru. Harapannya skema penjaminan ini menambah keyakinan bagi para investor dan Lembaga keuangan untuk berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan infrastruktur," kata dia.



Sebagai informasi proyek tersebut akan dibangun atas kerja sama PT PII sebagai Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI), Kementerian PUPR, PT Wika Tirta Jaya Jatiluhur, PT Jaya Konstruksi Manggala Tbk dan PT Tirta Gemah Ripah. Adapun perjanjian telah disepakati pada Jumat (19/2/).
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)