Kemenparekraf Dorong Prioritas Vaksin Covid-19 dan Stimulus untuk Pulihkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sabtu, 20 Februari 2021 - 09:17 WIB
loading...
Kemenparekraf Dorong Prioritas Vaksin Covid-19 dan Stimulus untuk Pulihkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
foto/dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan ada sebanyak 34 juta pelaku usaha di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang mayoritasnya adalah pelaku usaha di sektor informal, pelaku usaha mikro, dan ultra mikro.

"Saya mengusulkan agar 34 juta pelaku usaha dan masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini agar dapat diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/2/2021).

Dikatakannya, ini amat bergantung pada ketersinggungan vaksin dan koordinasi Kemenparekraf dengan menteri kesehatan, bersama instansi dan kementerian lembaga terkait. ( Baca juga:BI Targetkan Penambahan Merchant QRIS di Sumut hingga 500 Ribu Tahun Ini )

Sandiaga Uno melihat apabila vaksinasi dapat dimulai bulan Maret 2021, maka harapannya dalam waktu 12 bulan di Bali dan sejumlah wilayah prioritas pariwisata diutamakan.

"Kita sudah menyampaikan hal ini kepada Kementerian Kesehatan dan kita harapkan agar mendapatkan respons positif. Kita menginginkan jika memungkinkan bahwa masuk dalam tahap penyuntikan segera di tahap kedua ini," tambah Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno mengaku amat mendukung vaksinasi gotong royong, terutama beberapa pelaku usaha besar yang mendaftarkan untuk para karyawannya sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku.

"Saya dengar mereka harus membeli vaksin tersebut dari BUMN dan akan diberikan kepada karyawan secara cuma-cuma. Ini harus didorong karena ini bagian dari kemitraan pengusaha dan pemerintah sama-sama bergotong-royong untuk mengatasi Covid-19," kata Sandiaga Uno.

"Dan ditargetkan 24-30 juta yang bisa diselesaikan melalui jalur vaksinasi gotong-royong. Untuk pendaftaran semua satu pintu melalui Kadin dan PHRI. Kami melakukan monitor terhadap data tersebut yang kita harapkan sudah terverifikasi dan tervalidasi," lanjut Sandiaga Uno.

Para pengusaha tersebut kata Sandiaga Uno amat berkomitmen karena ini sangat memberikan dampak kepastian kemampuan kita untuk kembali ke normal baru. Dengan angka vaksin mencapai 70%.

Terkait bantuan pembiayaan bagi pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang diajukan bersama-sama oleh pengusaha dan pemerintah Pemprov Bali jumlahnya adalah Rp9,4 Triliun dengan skema soft loan membantu likuiditas untuk menghindari tambahan PHK dan karyawan yang dirumahkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)