BEI Berikan Dukungan Edukasi Pasar Modal Ajaib Sekuritas

Senin, 22 Februari 2021 - 18:17 WIB
loading...
BEI Berikan Dukungan  Edukasi Pasar Modal Ajaib Sekuritas
Untuk meningkatkan literasi pasar modal BEI mendukung upaya sekuritas untuk melakukan edukasi. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Ajaib Sekuritas bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengadakan 1.000 Program Generasi Saham mulai bulan ini yang mencangkup edukasi literasi keuangan melalui Sekolah Pasar Modal (SPM) dengan Kantor Perwakilan BEI di berbagai wilayah, dan pendirian Galeri Investasi BEI .

(Baca Juga : Bos Bank Syariah Indonesia Harap BRIS Jadi Primadona di Bursa )

Kegiatan ini akan fokus pada daerah-daerah di Indonesia yang masih memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah. Sejauh ini, acara sudah berjalan sampai ke Nusa Tenggara Barat dan Pulau Bangka. Program ini adalah kampanye edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya investasi saham dan perencanaan keuangan sejak dini bagi masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial.

''Sebagaimana halnya peningkatan literasi sekaligus edukasi yang selama ini kami lakukan bersama stakeholders pasar modal lainnya, kami juga mendukung program literasi dan edukasi yang dilakukan oleh Ajaib Sekuritas, " ujar Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi di Jakarta Senin (22/2/2021).

(Baca Juga : Ayo Perusahaan Unicorn Melantai di Bursa Saham, BEI Sudah Siap-siap )

Ajaib Sekuritas melakukan kerja sama dengan BEI untuk menjalankan inisiatif literasi keuangan guna menyeimbangkan antara edukasi dengan pertumbuhan investor saham baru yang sangat signifikan. Sepanjang 2020 tercatat ada penambahan sebanyak 590.658 SID saham baru, tumbuh 53,47% dibanding tahun 2019. Sebanyak 70% dari total investor saham baru pada 2020 didominasi kalangan milenial dengan rentang usia 18-40 tahun. Dengan edukasi, maka kualitas investor saham domestik akan meningkat sehingga inklusi pasar modal dalam negeri juga meningkat.

(Baca Juga : Otoritas Bursa Disarankan Beri Kepastian Aturan Soal Backdoor Listing )

Sejak Januari 2021, Ajaib Sekuritas tercatat sebagai broker saham terbesar ke-4 di Indonesia berdasarkan trading frequency. “Program ini akan menjadi pelopor kerjasama edukasi dengan BEI yang belum pernah dilakukan sebelumnya," jelas CEO Ajaib Group Anderson Sumarli.

SPM adalah program edukasi yang dilakukan secara berkala oleh BEI dan tersebar di seluruh Indonesia. Masyarakat umum dapat menjadi peserta kegiatan edukasi tanpa dipungut biaya. Lewat SPM peserta akan diajarkan pengetahuan dasar pasar modal dan dibekali kemampuan melakukan analisa investasi untuk mengambil keputusan berinvestasi di pasar modal. Tujuan diselenggarakan program SPM ini salah satunya adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait investasi.

(Baca Juga : Mau Main di Bursa Berjangka? Jangan Sembarang Pilih Pialang )

Victoria Katrina, AVP of Partnership Ajaib mengatakan, pihaknya mendukung upaya BEI untuk meningkatkan inklusi dan literasi pasar modal di Indonesia. Terutama untuk daerah-daerah yang belum pernah dijangkau edukasi keuangan. ''Kami menggunakan teknologi untuk menjangkau mereka dan memberikan edukasi,''tuturnya. Sejauh ini, lanjut dia, pihaknya sudah melaksanakan kelas edukasi online bersama Kantor Perwakilan BEI termasuk di Banten, Sulawesi Tengah dan Bengkulu.

(Baca Juga : Tingkatkan Kinerja, BRI Agro Genjot Kredit Konsumer )
(ton)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)