UKM Nasabah BNI Ini Sukses Tembus Pasar Ekspor di Tengah Pandemi

Selasa, 23 Februari 2021 - 16:45 WIB
loading...
UKM Nasabah BNI Ini Sukses Tembus Pasar Ekspor di Tengah Pandemi
Tak hanya bertahan, UKM mebel dan furnitur nasabah BNI sukses mengembangkan ekspor produknya ke luar negeri di masapandemi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pandemi tidak selamanya menyisakan cerita duka. Di tengah segala tantangan, banyak pejuang ekonomi yang terus bekerja keras dan sukses mengembangkan bisnis serta menghidupi karyawannya.

Seperti halnya Supriyadi dan Adi Dharma, dua pengusaha tangguh yang berhasil mengekspor mebel dan furnitur ke berbagai negara, di tengah tekanan akibat wabah yang melanda.

Supriyadi, memimpin PT Kharisma Rotan Mandiri dari Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Dari Glatak ini, Supri menduniakan produk – produk anyaman rotan berkualitas tinggi ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, Eropa (Jerman, Perancis, Belgia), Uni Emirat Arab dan China. Produk-produk yang dihasilkan dari usaha kecilnya ini, 100% dijual ke luar negeri.



Aliran ekspor Supri tidak berhenti selama pandemi, malah meningkat tajam, sampai separuhnya, alias 50% dari ekspor disaat normal sebelum pandemi sekalipun. Selama wabah, permintaan mebel malah meningkat. Ada 300 karyawan yang terhidupi oleh suksesnya Supri ini. Berkat ekspor ini pun, workshop Supri di Glatak tetap bergerak dan bergairah di atas lahan 8.000 meter persegi.

Supri yang kini masih memegang amanah sebagai Ketua DPP Himpunan Industri Meubel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), periode 2020-2023, mengatakan tidak akan pernah melupakan semua pihak yang turut membantu usahanya ini. Termasuk PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI). BNI ikut membantu Supri saat usahanya tengah butuh dukungan, yaitu pada 1998 ketika krisis melanda nusantara.

BNI memberi Supri fasilitas pembiayaan berupa Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja dengan suku bunga yang kompetitif, juga memudahkan penggunaan fasilitas pendukung ekspor seperti Letter Of Credit (LC), Simpanan Valas, fasilitas Trade Finance, sehingga usaha dan ekspornya tetap moncer.

Pengelolaan keuangannya pun dibuat semakin mudah dengan adanya beragam solusi digital seperti BNI Direct (Cash Management) dan BNI Mobile Banking. Para pegawai pun menerima manfaat dengan adanya Consumer Product BNI seperti kartu kredit, BNI Griya (KPR), dan BNI Fleksi (kredit multiguna).



"Kami sangat mengapresiasi langkah BNI yang responsif cepat dan tanggap dalam mengakomodasi kebutuhan pelaku UKM yang membutuhkan solusi pembiayaan dan ekspor," ujar Supri dalam siaran pers, Selasa (23/2/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2076 seconds (0.1#10.140)