Koridor Timur Jakarta Jadi Kawasan Tempat untuk Investasi Properti

Selasa, 23 Februari 2021 - 23:47 WIB
loading...
Koridor Timur Jakarta Jadi Kawasan Tempat untuk Investasi Properti
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Di tengah situasi yang saat ini belum pasti, masyarakat tentunya harus cerdas dalam mencari peluang, seperti memilih rumah untuk investasi . Pilihan yang tepat tentunya akan mendatangkan keuntungan yang berlipat.

Staff Ahli Kementerian PUPR Bidang Sumber Daya Alam Lucky Harry Korah mengatakan, saat ini pemerintah sedang fokus dalam pembangunan di koridor timur Jakarta . Kawasan koridor timur ini memang mempunyai tingkat pertumbuhan yang cukup pesat dalam satu dekade terakhir.

"Terlebih, pengembangan kawasan ini juga ditambah dukungan infrastruktur yang sangat memadai,” kata Lucky Harry Korah dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (23/2/2021). ( Baca juga:Menteri Basuki Bakal Perbaiki 38 Jembatan Era 70an )

Menurut Lucky, salah satu daerah yang mendukung lifestyle baru masyarakat saat ini adalah koridor timur jakarta, karena seluruh infrastruktur luar biasa sedang dikembangkan di kawasan ini.

“Wilayah Cikarang sendiri merupakan salah satu daerah di koridor timur dengan perkembangan yang sangat baik, ditambah pertumbuhan penduduk di daerah ini sangat pesat dengan berbagai industri yang mendukung sumber ekonomi di daerah ini,” tegasnya.

Lucky menambahkan, selain memiliki aksesibilitas yang bagus dari sisi infratruktur, kawasan koridor timur bahkan dikenal sebagai salah satu kawasan industri dan hunian yang terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, kemajuan di kawasan ini didukung oleh komitmen pemerintah yang ditunjukkan oleh beberapa proyek infrastruktur, seperti LRT (light rapid transit) Jabodebek, Kereta Api Berkecepatan Tinggi Jakarta-Bandung, Pelabuhan Patimban hingga Bandara Kertajati yang telah beroperasi sejak 2018.

“Kawasan koridor timur juga mempunyai potensi yang luar biasa, karena menyumbang 47% pengembangan hunian di wilayah Jabodetabek, dengan 73% di antaranya merupakan segmen menengah ke bawah. Hal tersebut menunjukkan besarnya kontribusi kawasan ini terhadap pembangunan hunian,” tambahnya.

Menurut Lucky, kehadiran Perpres Nomor 60 Tahun 2020 tentang rencana tata ruang pengembangan kawasan perkotaan Jabodetabek Bopunjur, juga menjadi pendukung bagi kalangan pengembang atau developer untuk ikut serta dalam mengembangkan kawasan koridor timur.

“Koridor timur Jakarta memang diproyeksi menjadi masa depan investasi Indonesia. Sebab, sejumlah industri multinasional besar yang berada di kawasan ini telah mengubah wajah kawasan ini menjadi lebih modern,” imbuhnya.

Lucky menambahkan, infrastruktur yang lengkap di koridor timur Jakarta berpotensi besar bagi developer untuk mengembangkan proyeknya, dan menjadi peluang bagi masyarakat untuk memiliki hunian yang terjangkau. “Komposisi potential market di Koridor Timur Jakarta, didominasi dengan pembangunan hunian yang terjangkau. Ini menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk memilih huniannya,” tandasnya.

Sementara itu, influencer dan entrepreneur, Stella Natalia, mengatakan, kawasan koridor timur menjadi pilihan sebagai kawasan hunian yang cocok untuk mendukung lifestyle masyarakat pada masa pandemi.

“Pasalnya, saat pandemi hampir 90% kegiatan dilakukan dirumah, untuk itu masyarakat perlu memilih rumah yang nyaman, mendukung connectivity, dan penuh dengan fasilitas pendukung di sekitarnya,” kata Stella.

Menurut Stella, jenis rumah yang cocok untuk masa pandemi saat ini adalah yang nyaman digunakan untuk bekerja, sirkulasi udara yang bagus, open space sehingga terlihat lebih lega, dekat dengan fasilitas pendukung seperti area komersial, taman, sekolah hingga rumah ibadah serta akses yang mudah dijangkau.

“Sehingga rumah yang dibeli tersebut memiliki nilai investasi yang bagus ke depannya,” ungkap Stella Natalia yang saat ini tinggal di kawasan perumahan Lippo Cikarang.

Stella menambahkan, kalangan milenial saat ini telah menyadari pentingnya investasi khususnya membeli rumah. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini kebanyakan orang menghabiskan waktunya di rumah. ( Baca juga:Bentrok 2 Ormas Kepemudaan karena Rebutan Lahan, Dua Orang Luka Dibacok )

“Investasi rumah di tengah pandemi merupakan kesempatan yang baik untuk milenial yang peka dalam berinvestasi. Tetapi dalam memilih rumah yang cocok dalam masa pandemi, tentunya harus mendukung perubahan gaya hidup seperti saat ini,” tambahnya.

Stella mengakui, sebagai entrepreneur tentunya harus memilih tempat usaha yang memiliki potensi tinggi, ditambah dengan kelengakapan fasilitas dan sarana, dengan market yang akan dibidik. “Karena kita sebagai generasi milenial, memilih tempat dengan lokasi yang tepat dan akses yang mudah menjadi pertimbangan. Hal inilah yang menjadi pertimbangan kita untuk memilih koridor timur Jakarta,” pungkasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)