Menteri Risma dan Basuki Doyan Belanja Duit Negara

loading...
Menteri Risma dan Basuki Doyan Belanja Duit Negara
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkap, realisasi belanja kementerian dan lembaga (K/L) pada Januari 2021 tercatat Rp48 triliun. Jumlah itu tumbuh Rp55,6% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp30,9 triliun. ( Baca juga:Efektivitas UU Cipta Kerja Tergantung Pelaksanaan PP )

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyanii mengatakan, peningkatan belanja itu didorong kenaikan belanja modal dan bansos yang signifikan. Realisasi belanja modal per Januari 2021 mencapai Rp11,9 triliun atau tumbuh 539,4% (yoy). Utamanya berasal dari belanja modal untuk proyek infrastruktur seperti pembangunan jalan, irigasi, dan jaringan KemenPUPR serta belanja modal peralatan dan mesin untuk Polri.

"Selain itu, belanja bansos tumbuh 51,4% dari penyaluran bansos tunai dan percepatan pencairan kartu sembako bulan Februari di Januari," kata Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa (23/2/2021).

Saat ini, realisasi belanja Kementerian PUPR Rp9,3 triliun atau tumbuh 404,3%. Hal ini karena adanya penyelesaian MYC sumber daya air. Selanjutnya Polri tercatat Rp5,6 triliun dan Kementerian Pertahanan Rp3,4 triliun. ( Baca juga:Polisi Cari Pemuda yang Lompat dari Fly Over Kemayoran )



Sedangkan untuk belanja Kementerian Kesehatan tercatat Rp4,2 triliun. Kemendikbud Rp800 miliar, Kementerian Agama Rp1,3 triliun, Kementerian Perhubungan Rp1 triliun, Kementerian Keuangan Rp2,7 triliun, dan Kementerian Pertanian Rp200 miliar.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top