Titah Jokowi: Perbanyak Kelas Online Gratis UMKM

loading...
Titah Jokowi: Perbanyak Kelas Online Gratis UMKM
Presiden Joko Widodo. FOTO/SINDOnews
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus mendorong percepatan transformasi digital UMKM . Dengan begitu, maka UMKM Indonesia akan cepat naik kelas.

"Kita harus mampu menggunakan momentum pandemi untuk menyiapkan UMKM bisa naik kelas. Transformasi digital adalah pintu, pintu masuk agar UMKM bisa masuk dalam marketplace digital dan bisa menjadi bagian dari supply chain nasional maupun global," katanya dalam acara Devcon21, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga: Terkuak Awal Terbentuknya Dana Abadi SWF RI, Usulan Luhut ke Jokowi

Dia menyebut bahwa terjadi peningkatan transaksi penjualan online 10-15%. Hal ini menurutnya memperkuat kampanye nasional untuk membeli produk-produk UMKM yang terwadahi dalam e-commerce.

"Apalagi kita sudah memiliki 8 juta dari 60 juta unit UMKM yang sudah terhubung dengan wadah digital. Kita harus terus mendorong setidaknya jumlah itu selalu bertambah lagi. Bisa menjadi 10 juta bisa 15 juta dan naik lagi 20 juta dan seterusnya," ungkapnya.



Lebih lanjut Jokowi menilai pelatihan penggunaan teknologi digital untuk UMKM harus diperbanyak. Dia mengatakan pemerintah sudah memulai pelatihan tersebut dengan program kartu pra kerja. "Hal seperti ini juga bisa dilakukan oleh kementerian/lembaga bekerjasama dengan komunitas digital dengan memberikan pelatihan-pelatihan online secara gratis," tuturnya.

Baca Juga: Ingin Selamat dari Pandemi, Jokowi Minta Disiapkan Talent-Talent Digital

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini yakin kolaborasi antara komunitas digital dan pemerintah akan memperkuat sektor digital Indonesia. "Saya yakin dengan kolaborasi yang melibatkan komunitas digital indonesia termasuk Microsoft kekuatan kita akan semakin berlipat ganda, kekuatan kita akan semakin besar untuk mempercepat proses transformasi digital yang sedang kita lakukan," pungkasnya.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top