Investasi Pertamina 2021 Naik Jadi Rp150 Triliun, Ini Komentar BUMN

Kamis, 04 Maret 2021 - 11:41 WIB
loading...
Investasi Pertamina 2021 Naik Jadi Rp150 Triliun, Ini Komentar BUMN
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat dana investasi yang tengah disiapkan PT Pertamina (Persero) pada 2021 sebesar USD10,7 miliar atau sekitar Rp150 triliun. Anggaran itu akan dialokasikan di sektor hulu, pembangunan kilang BBM, pabrik petrokimia, dan proyek strategi lainnya.

Wakil Menteri BUMN I sekaligus Komisaris Utama Pertamina Pahala Nugraha Mansury menyebut, pengembangan bisnis perseroan bertujuan untuk mendorong tahap pemulihan ekonomi dalam negeri.

"Pertamina diharapkan tahun ini akan melakukan investasi dengan total USD10 miliar. Kita berharap, kegiatan ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia sehingga dengan adanya investasi besar tersebut sehingga diharapkan ekonomi akan segera bergerak," ujar Pahala dalam gelaran Prospek BUMN 2021 sebagai Lokomotif PEN, Kamis (4/3/2021).



Pertamina akan terus melakukan kegiatan investasi. Kegiatan itu, bukan hanya untuk restart perekonomian nasional semata, namun dapat mengembangkan bisnis model baik jangka menengah dan panjang.

"Beberapa contoh adalah pengembangan industri baterai corporate atau holding EV baterai, dimana, diharapkan Indonesia baterai corporation tersebut akan melakukan investasi secara terintegrasi dari hulu ke hilir, sehingga Indonesia diharapkan memiliki industri baterai yang terintegrasi," katanya.

Dalam proyek industri baterai, Pertamina akan terlibat sejak proses pembuatan prekursor, katoda, sel baterai, hingga battery pack. Saat ini, perseroan sudah menyiapkan pendanaan.

Baca Juga: Neraca Dagang Surplus, Jokowi: Kita Syukuri, Baru Kali Ini Terjadi

Dalam kesempatan itu, Pahala juga mengingatkan peran BUMN di tengah masa krisis ini. Dia menegaskan, seluruh perseroan negara harus mampu mendorong ekonomi Indonesia untuk masuk pada tahapan recovery dan melakukan proses restart, bukan hanya itu berbagai kegiatan investasi, namun melalui penggarapan sejumlah Proyek Strategi Nasional (PSN).
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)