Rekrutmen PNS Tahun 2021, Intip Kriteria Ala Wapres Ma'ruf Amin

Kamis, 04 Maret 2021 - 15:56 WIB
loading...
Rekrutmen PNS Tahun 2021, Intip Kriteria Ala Wapres Maruf Amin
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin membeberkan beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam bibit lewat seleksi CPNS dan PPPK pada tahun ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan, dalam mencari bibit lewat CPNS dan PPPK harus mengikuti kebutuhan perkembangan zaman yang terjadi tak hanya di Indonesia tapi dunia. Selain itu, dibutuhkan juga pegawai yang bisa cepat untuk beradaptasi.



Seperti diketahui pada tahun ini pemerintah akan membuka lowongan untuk mengisi pegawai pemerintahan. Ada dua metode rekrutmen yang akan digunakan yang pertama melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan yang kedua Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Oleh karena itu program rekrutmen ASN tahun 2021 harus diletakkan dalam konteks perkembangan lingkungan global dan perkembangan tuntutan masyarakat terhadap kualitas birokrasi ke depan," ujarnya dalam acara Rakor Penyederhanaan Birokrasi dan Pengadaan CASN 2021, Kamis (4/3/2021).

Menurut Wapres, rekrutmen pegawai pemerintahan juga harus dilakukan dengan benar. Sebab menurutnya, proses rekrutmen merupakan tahapan yang sangat krusial dan akan mempengaruhi kualitas birokrasi Indonesia ke depan.

"Saya minta agar hal ini benar-benar menjadi perhatian kita bersama karena rekrutmen merupakan tahap yang sangat menentukan keberhasilan kita dalam mencapai kualitas birokrasi masa depan yang kita cita-citakan," jelasnya.



Apalagi lanjut Ma'ruf, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga menjadi salah hal yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan Indonesia maju. Karena dengan kualitas SDM yang baik ini juga dapat memacu pemerintah untuk bekerja lebih cepat, adaptif dan inovatif.

Dengan kinerja yang cepat, adaptif dan inovatif akan berdampak kepada peningkatan daya saing Indonesia di mata global. Hal ini juga nantinya akan bermanfaat bagi perekonomian Indonesia ke depan. "Aparatur Sipil Negara merupakan aset bangsa yang sangat penting guna menjalankan pemerintahan yang responsif dan efektif," jelasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)