Industri Lokal Dinilai Mampu Suplai Industri Migas, Tapi...

Rabu, 10 Maret 2021 - 14:47 WIB
loading...
Industri Lokal Dinilai Mampu Suplai Industri Migas, Tapi...
Industri dalam negeri dinilai sudah cukup mampu memenuhi kebutuhan industri migas baik hul maupun hilir. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menegaskan, industri dalam negeri sudah cukup mampu dalam menyuplai kebutuhan proyek industri minyak dan gas (migas) baik di hulu maupun di hilir. Meski begitu, dia mengakui, tidak semua komponen mampu dibuat di dalam negeri sehingga masih perlu adanya impor .

Baca Juga: Jokowi Pecat Pejabat Pertamina, Anggota DPR: Pipa Kita Banyak Kok Ngimpor

"Sebenarnya dengan banyaknya industri manufaktur di Indonesia, baik itu BUMN punya kemampuan untuk mendukung pembangunan kilang. Kecuali untuk barang-barang yang high technology mungkin kita bisa melakukan impor," ujarnya ketika dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (10/3/2021).

Dia melanjutkan, di sektor hulu migas juga ada kewajiban memenuhi konten lokal (total kandungan dalam negeri/TKDN) yang harus dipenuhi ketika industri pendukung ingin melakukan tender.

"Itu ada perhitungannya sendiri seperti apa. Saya kira ini salah satu upaya dari pemerintah agar industri kita bisa bersaing dengan produk dari luar. Memang ada sedikit kendala terkait harga dimana ada produk-produk dari luar yang lebih murah daripada produk dalam negeri," tuturnya.

Baca Juga: China Operasikan Kapal Perang Baru, Salah Satu yang Terkuat di Dunia



Mamit menuturkan, penggunaan komponen dalam negeri juga akan memperkuat industri nasional dan membuka lapangan kerja sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian.

"Ini salah satu upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan meningkatkan kecintaan kita terhadap produk dalam negeri," tuturnya.
(fai)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1481 seconds (10.55#12.26)