Jumlah Investor Pasar Modal RI Capai 4,5 Juta per Februari

Jum'at, 12 Maret 2021 - 11:58 WIB
loading...
Jumlah Investor Pasar Modal RI Capai 4,5 Juta per Februari
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Jumlah investor di pasar modal Indonesia terus mengalami peningkatan. Hingga akhir Februari 2021, jumlah investor Tanah Air telah menyentuh angka 4,5 juta.

"Jumlah investor pasar modal terus mengalami peningkatan. Total Single Investor Identification (SID) per akhir Februari 2021 sudah melampaui angka 4,5 juta atau naik sekitar 16% jika dibandingkan SID per 31 Desember 2020 sebesar 3,8 juta," ujar Ketua Eksekutif Pengawasan Pasar Modal OJK, Hoesen dalam acara launching Inovasi Edukasi Digital untuk Pasar Modal Indonesia, Jumat (12/3/2021).



Hoesen menambahkan, aktivitas investor turut mengalami peningkatan, mengingat frekuensi transaksi yang terjadi juga sangat tinggi. Dia menyebut, hal ini membuktikan bahwa kepercayaan publik terhadap pasar modal Indonesia masih dan akan terus meningkat.

"Peningkatan ini tidak terlepas dari kontribusi investor muda dimana berdasarkan demografi investor individual per Februari 2021 jumlah investor individu dengan usia dibawah 30 tahun sudah mencapai sebesar kurang lebih 57 persen dengan total aset dari kalangan milenial di pasar modal mencapai hampir 33 triliun," bebernya.

Hoesen menyebut, dengan adanya edukasi secara masif melalui media sosial, influencer serta komunitas-komunitas maka gaya hidup investasi pasar modal akan menjadi daya tarik bagi anak-anak muda di Indonesia.



"Beberapa kebijakan digitalisasi telah dikeluarkan di pasar modal dalam rangka peningkatan transaksi, jumlah investor dan kemudahan proses perizinan, diantaranya simplifikasi pembukaan rekening dimana pembukaan rekening efek tanpa perlu tanda tangan basah calon investor dan prosesnya pun kurang lebih dibawah dari satu jam," ucapnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)