Dukung Pembangunan Bandara Antariksa di Papua, Pemda Numfor Ajukan 4 Prasyarat

Jum'at, 12 Maret 2021 - 17:09 WIB
loading...
Dukung Pembangunan Bandara Antariksa di Papua, Pemda Numfor Ajukan 4 Prasyarat
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) terus menggodok pembangunan Bandara Antariksa di Biak, Numfor, Papua. Rencana tersebut kembali dibahas dalam pertemuan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Numfor, Lapan, dan DPRD daerah setempat.

Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap menyambut baik rencana pembangunan mega proyek tersebut. Herry menyebut, segenap jajaran pemda dan tokoh masyarakat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Lapan karena Biak telah dipilih sebagai lokasi dibangunnya Bandar Antariksa dibanding kandidat lainnya.



Pemilihan lokasi dinilai tidak terlepas dari kajian dan analisis untuk menentukan tempat terbaik untuk dijadikan lokasi bandar antariksa. "Kehadiran kami di kantor Lapan Pusat dalam rangka melakukan pertemuan dengan Kepala Lapan beserta seluruh jajaran, pada prinsipnya kami Pemda dan DPRD Numfor dan masyarakat adat menyampaikan dukungan kami kepada pemerintah pusat dan Lapan untuk pembangunan bandar antariksa di kabupaten Numfor," ujar Herry di kantor Lapan, Jumat (12/3/2021).

Meski begitu, Pemda Numfor mencatat ada sejumlah poin penting yang harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan pemerintah pusat. Poin tersebut diantaranya pertama, pemberian dukungan dan komitmen dalam pembangunan bandar antariksa.



Kedua, Pemda akan berdiskusi tentang apa yang menjadi tanggung jawab Pemerintah pusat, Pemda Numfor, dan calon investor. Ketiga, melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak positif dan negatif dari pembangunan bandara antariksa.

Keempat, pemenuhan hak masyarakat atau keberpihakan pemerintah kepada masyarakat, secara khusus memberikan tempat yang layak bagi warga Numfor.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)