Dear Milenial! Mentan Syahrul Yasin Limpo Targetkan Cetak 2,5 Juta Petani Milenial, Kamu Siap?

Jum'at, 12 Maret 2021 - 21:40 WIB
loading...
Dear Milenial! Mentan Syahrul Yasin Limpo Targetkan Cetak 2,5 Juta Petani Milenial, Kamu Siap?
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan mencetak 2,5 juta petani milenial. Ada dua strategi yang dibocorkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo untuk menghasilkan ratusan juta petani muda ke depan dalam menghadapi perkembangan dunia pertanian yang semakin maju.

"Bagaimana strategi kami membuat 2,5 juta petani muda? [Pertama] 2,5 juta itu kita berharap terdidik, setiap tahun kami juga memagangkan kurang lebih 1.000 orang ke beberapa negara," kata Syahrul Yasin Limpo, Jumat (12/3/2021).



Strategi kedua, dilanjutkan Syahrul Yasin Limpo, Kementan merangkul universitas-universitas di seluruh Tanah Air yang memiliki fakultas peternakan dan pertanian. Sarjana pertanian dan peternakan dari universitas-universitas tersebut nanti akan ditempatkan ke bidang pertanian dan peternakan strategis oleh Kementan.

"Kedua, kita ada pembicaraan dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi seluruh Indonesia, khususnya untuk pertanian dan peternakan agar betul-betul kita persiapkan mereka kalau turun ke lapangan selesai insinyurnya akan berakses kepada kehidupan pertanian," tuturnya.



Syahrul Yasin Limpo menilai petani saat ini jangan dipandang sebelah mata. Kini, petani muda adalah profesi yang menjanjikan yang menghasilkan pendapatan menggiurkan dan akan terus didorong oleh Kementan. Artinya, stereotipe bahwa menjadi petani tidak akan kaya terbantahkan.
"Itulah yang kita dorong," tuturnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1578 seconds (0.1#10.140)