Siap-Siap! Pendaftaran CPNS 2021 Bakal Diumumkan

Senin, 15 Maret 2021 - 12:23 WIB
loading...
Siap-Siap! Pendaftaran CPNS 2021 Bakal Diumumkan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pendaftaran untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan diumumkan oleh pemerintah. Pendaftaran ini bertujuan untuk mengisi pegawai aparatur sipil negara (ASN), baik di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (pemda). ( Baca juga:Instansi Diminta Serahkan Naskah Soal SKB CPNS dan PPPK Paling Lambat Awal Juni )

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, saat ini pembukaan pendaftaran CPNS 2021 sedang disiapkan oleh pemerintah. Jika persiapan sudah rampung, maka akan diumumkan oleh pemerintah.

"Tunggu saja nanti ada konferensi pers. Semua sedang disiapkan," ujarnya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (15/3/2021).

Hanya saja, Dwi tidak menyebutkan waktu pasti dari pengumuman yang akan dilakukan pemerintah tersebut. Pemerintah sendiri menargetkan, penetapan formasi untuk CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan dilakukan pada akhir maret.

"Secepatnya bila sudah siap (akan diumumkan pendaftaran dan jumlah formasi CPNS)," jelasnya.

Sementara itu, di sisi lain, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana meminta setiap instansi untuk menyiapkan soal seleksi kompetensi bidang (SKB) untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Utamanya untuk memutakhirkan soal-soal SKB untuk seleksi tahun ini.

Dia juga meminta agar instansi memastikan penyusunan soal sesuai dengan standar tingkat kesulitan soal yang ditetapkan. Baik dari level jabatan maupun antar wilayah. ( Baca juga:Melejit, Nilai Ekspor Tembus USD15,27 Miliar di Februari )

“Naskah soal SKB CPNS dan soal seleksi kompetensi teknis PPPK non-guru disampaikan kepada Panselnas (panitia seleksi nasional) paling lambat tanggal 1 Juni 2021 untuk diintegrasikan ke dalam Bank Soal CAT BKN,” kata Bima.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)