Jokowi Bakal Bangun Ambon New Port Tahun Ini, Luasnya 700 Hektare

Kamis, 25 Maret 2021 - 11:45 WIB
loading...
Jokowi Bakal Bangun Ambon New Port Tahun Ini, Luasnya 700 Hektare
Di sela-sela dialog, Jokowi membeberkan rencana pemerintah dalam membangun New Port di Ambon yang luasnya kurang lebih 700 hektar. Foto/Dok
A A A
AMBON - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada kunjungan kerjanya ke Provinsi Maluku mengunjungi Pelabuhan Yos Sudarso di Kota Ambon. Pada kunjungan tersebut Jokowi sempat berdialog dengan para pelaku usaha perikanan setempat.

Di sela-sela dialog, Jokowi membeberkan rencana pemerintah dalam membangun New Port di Ambon yang luasnya kurang lebih 700 hektar.

"Jadi pagi hari ini saya khusus datang ke Ambon itu hanya punya satu keperluan bahwa kita akan membangun Ambon New Port yang kurang lebih di dalam perencanaan nanti ada 700 hektare yang itu terintegrasi antara pelabuhan logistik dan pelabuhan perikanan serta industri perikanan ada di satu lokasi," katanya, Kamis (25/3/2021).



Dia mengatakan Ambon New Port memiliki konsep pelabuhan terintegrasi yang akan menjadi pusat pertumbuhan industri pengolahan ikan dan konsolidasi kargo dari wilayah Indonesia Timur. Pengembangan pelabuhan baru tersebut sangat dibutuhkan mengingat pelabuhan khusus perikanan saat ini telah mencapai kapasitas maksimum.

"Tahun ini akan dimulai pembangunannya dan kita harapkan dalam dua tahun akan selesai. Untuk itu saya minta nanti pelaku-pelaku fisheries industry bisa segera mendaftar dan ikut masuk ke dalam lokasi ini sehingga kita memiliki keyakinan bahwa ini bisa jalan," ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut bahwa potensi perikanan di Maluku yang sangat besar tapi belum teroptimalkan dengan baik. Dia memandang bahwa pembangunan sebuah fasilitas yang dibutuhkan para pelaku usaha perikanan setempat dapat memacu produksi perikanan lebih besar lagi memang diperlukan.



Dia pun berpesan agar rencana dan implementasi dari pembangunan pelabuhan baru tersebut lebih dimatangkan. Sehingga nantinya dapat menjadi sebuah percontohan bagi pengembangan pelabuhan modern yang terintegrasi dengan industri perikanannya di daerah-daerah lainnya.

"Tadi disampaikan oleh Dirut Pelindo mengenai potensi-potensi perikanan. Ada 800 ribu ton sebelah sini, kemudian sebelah utara ada 1,2 juta ton, kemudian agak di selatannya ada 2,6 juta ton. Saya kira Ambon New Port ini memang harus," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)