Lowongan PNS Pusat, Terbanyak Dosen hingga Penjaga Tahanan

Jum'at, 26 Maret 2021 - 08:55 WIB
loading...
Lowongan PNS Pusat, Terbanyak Dosen hingga Penjaga Tahanan
Ilustrasi tes CPNS dan PPPK. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah pusat membutuhkan banyak pegawai pada tahun ini. Oleh karena itu, pada tahun ini pemerintah membuka beberapa skema rekrutmen dari mulai seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hingga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, untuk pemerintah pusat, kebutuhan pegawai mencapai 83.000 orang. Oleh sebab itu, nantinya kebutuhan pegawai tersebut akan diisi oleh CPNS maupun PPPK.



Dari jumlah tersebut, 41.500 akan diisi lewat rekrutmen CPNS pada tahun ini. Sedangkan sisanya yakni 41.500 juga akan diisi lewat rekrutmen pegawai pemerintah setara PNS atau yang biasa disebut PPPK. "83.000 formasi untuk pemerintah pusat yang dialokasikan untuk CPNS dan PPPK non-guru," ujarnya dalam keteranganya, Jumat (26/3/2021).

Ada beberapa formasi alokasi terbanyak yang dibutuhkan pemerintah pusat. Seperti misalnya adalah untuk mengisi jabatan dosen hingga penjaga tahanan. Tak hanya itu, pemerintah pusat juga membutuhkan tenaga untuk penyuluh keluarga berencana. Kemudian pemerintah pusat juga membutuhkan analis perkara peradilan dan pemeriksa.



"Formasi dengan alokasi terbanyak dalam Seleksi CASN Tahun 2021 untuk pemerintah pusat terdiri dari jabatan dosen, penjaga tahanan, penyuluh keluarga berencana, analis perkara peradilan, serta pemeriksa," kata Tjahjo.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2160 seconds (0.1#10.140)