Larangan Mudik Lebaran, Luhut: Kita Tak Punya Pilihan

Jum'at, 26 Maret 2021 - 17:31 WIB
loading...
Larangan Mudik Lebaran, Luhut: Kita Tak Punya Pilihan
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa keputusan pemerintah melarang untuk mudik Lebaran tahun ini merupakan satu-satunya pilihan untuk mencegah penambahan kasus positif Covid-19. ( Baca juga: UEA Gelontorkan Rp144 Triliun ke Dana Abadi SWF, Luhut: Bukti Kepercayaan ke RI Tinggi )

Menurut dia, negara-negara Eropa misalnya, ketika opsi perjalanan wisata dibuka, kasus Covid-19 justru meningkat. Kondisi itu yang menjadi pertimbangan pemerintah.

"Jadi memang kita tak punya pilihan banyak mengenai libur ini. Pasalnya kita lihat pengalaman di Eropa. Begitu dibuka, langsung naik 30%. Makanya kita tak mau terjadi itu," ujar Luhut dalam Bali Investment Forum 2021 secara virtual, Jumat (26/3/2021).

Akan tetapi, Menko Luhut tidak menampik, larangan mudik Lebaran ini akan berimbas lagi terhadap sektor pariwisata terutama di Bali, yang kini jadi fokus pemerintah. "Kita ketahui tadi sudah diputuskan di rapat kabinet, libur Lebaran ini kita hold saja dulu," jelasnya.

Sebelumnya, pemerintah kembali melakukan larangan mudik Lebaran. Dipastikan larangan mudik Lebaran pada 2021 berlaku kepada seluruh masyarakat. ( Baca juga: Menggila, Tesla Ganti Tuas Transmisi dengan Layar Sentuh )

Penegasan itu berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat dan pegawai pemerintah. "Tahun 2021, mudik ditiadakan, berlaku untuk ASN, TNI-Polri, karyawan BUMN, karyawan swasta, pekerja mandiri, dan seluruh masyarakat," kata Menko PMK Muhadjir Effendy dalam jumpa pers virtual.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)