Bank Indonesia Bingung Banyak Perusahaan di Jatim Emoh Pinjam Kredit

Kamis, 01 April 2021 - 16:14 WIB
loading...
Bank Indonesia Bingung Banyak Perusahaan di Jatim Emoh Pinjam Kredit
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan minat sektor korporasi di Jawa Timur untuk menggunakan pinjaman bank domestik masih minim. Padahal berdasarkan survei yang dilakukan BI terlihat, sektor korporasi Jawa Timur bergerak naik dalam utilisasi kapasitas produksinya.

( Baca juga: Perkuat Ekonomi Sulut, Gubernur Olly Kukuhkan TP2DD Provinsi )

"Dari kuartal ketiga dan keempat 2020 ada kenaikan utilisasi kapasitas produksi di perusahaan besar Jawa Timur. Ini akan terus berlanjut hingga kuartal pertama 2021," kata Destry dalam webinar yang digelar Bank Indonesia, Kamis (1/4/2021).

Survei yang dilakukan BI menyasar untuk 21 sektor prioritas Jawa Timur. Namun Desty mengaku masih bingung kenapa penggunaan dana perbankan masih terbatas, sementara produksi meningkat.

"Walaupun ada kegiatan usaha tapi penggunaan kredit minim. Ini jadi puzzle yang harus dipecahkan. Bagaimana mendorong demand kredit, khususnya korporasi untuk memulihkan perekenomian," katanya.

( Baca juga: Italia Panggil Dubes Rusia Terkait Kasus Spionase )

Dia menambahkan untuk itu, sinergi kebijakan antara berbagai pihak dibutuhkan karena tantangan sangat kompleks saat ini. "Kondisinya korporasi membayar lebih cepat atau mereka menggunakan dana pribadi untuk produksi. Jadi ini yang harus didorong. Kami sudah petakan 38 subsektor prioritas yang bisa dipilah potensinya," tandas Destry.
(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2183 seconds (11.97#12.26)