Produk UMKM Banten Diminati Kawasan Timur Tengah

Sabtu, 03 April 2021 - 18:00 WIB
loading...
Produk UMKM Banten Diminati Kawasan Timur Tengah
Foto/IstiMaulidya/SINDOnews
A A A
TANGERANG - Produk hasil karya industri kreatif dan UMKM asal Banten rupanya dinilai layak menembus pasar internasional. Pasalnya, banyak produk dari daerah tersebut yang memiliki ciri khas dan sesuai dengan minat pasar internasional, terutama kawasan Timur Tengah .

Presiden Indonesia Saudi Arabia Business Council (ISABC) Muhammad Hasan Gaido menyatakan bahwa masyarakat di negara Timur Tengah lebih tertarik pada kerajinan tangan seperti ukiran kayu jati. Dia pun mendorong agar pelaku UMKM bisa meningkatkan kualitas produk dan juga menggencarkan promosi di berbagai platform. ( Baca juga:Iran Tolak Pertemuan dengan AS di Wina )

"Kalau saya lihat produk UMKM dari Banten ini sudah layak ekspor. Dilihat dari produknya sesuai dengan selera pasar internasional, terutama di negara Timur Tengah," jelasnya pada Sabtu (3/4/2021).

Bahkan, produk UMKM asal Banten diyakini bisa laku keras sebab masyarakat di Timur Tengah tidak segan mengeluarkan uang untuk membeli produk yang dinilai unik. Hal ini menjadi kelebihan bagi para pelaku industri kreatif untuk menonjolkan ciri khas daerah yang tidak dimiliki produk dari negara lain.

"Mereka itu begitu suka dengan produknya pasti dibeli. Itulah keuntungan kita karena produk kita ini punya perbedaan dan keunikan sendiri, dan mereka berani bayar untuk itu," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Agus Setiawan menegaskan bahwa Pemprov Banten akan memfasilitasi pelaku industri ekonomi kreatif dengan menyediakan galeri khusus sebagai wadah promosi agar produk yang dihasilkan dapat dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, adanya galeri tersebut diharapkan pendapatan dan perekonomian masyarakat Banten terus berjalan. ( Baca juga:Wagub Emil Kritik Bank Tolak Debitur Tambah Kredit )

“Kami memfasilitasi para pelaku industri ekonomi kreatif yang tergabung dalam UKAMI menyediakan Gallery Banten untuk mempromosikan dan menjual produk-produk pelaku industri ekonomi kreatif di Banten," ujar Agus.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)