Pergerakan Wisnus Meningkat Selama Libur Panjang Paskah

Senin, 05 April 2021 - 14:36 WIB
loading...
Pergerakan Wisnus Meningkat Selama Libur Panjang Paskah
Ilustrasi wisatawan nusantara. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan bahwa terjadi peningkatan jumlah wisatawan nusantara (wisnus) selama libur panjang hari raya Paskah pada 1-4 April 2021. Hal tersebut berdasarkan pemantauan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di sejumlah destinasi wisata.

Sandi menjelaskan, pihaknya melakukan pantauan mulai dari destinasi pariwisata unggulan dan tulang punggung, Bali, kemudian di sekitar Jabodetabek dan Batam, Bintan serta Riau yang menunjukkan angka yang meningkat.



"Dan itu perlu kita syukuri sekaligus mengingatkan semua elemen masyarakat termasuk pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mematuhi protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," ujar Sandi dalam Weekly Press Briefing, Senin (5/4/2021).

Sandi menjelaskan, untuk kunjungan wisatawan nusantara di Bali dalam dua hari libur saja menembus angka 8.000 orang per hari melalui Bandara Ngurah Rai dan titik lain yakni Pelabuhan Gilimanuk.



"Ini perlu kita sikapi sebagai hal yang positif, hal yang betul-betul membesarkan hati kita, semangat kita dan ini adalah harapan pariwisata dan ekonomi kreatif akan bangkit," kata dia.

Sandi juga menjelaskan mengenai hasil kunjungannya dalam beberapa waktu terakhir dalam road show desa wisata, yang mana disebutnya menunjukkan adanya potensi sangat besar, seperti di Desa Wisata Lerep di Kabupaten Semarang, Desa Wisata Dusun Semilir hingga Dusun Butuh.



"Ini adalah pariwisata era baru dimana kita berbasis alam terbuka dan kebudayaan serta memadupadankan dengan sangat ciamik yaitu produk-produk ekonomi kreatif seperti kopi dan produk lainnya yaitu duren dengan pariwisata," ucapnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)