Rekor! Kapitalisasi Pasar Kripto Capai Rp28.000 Triliun

Selasa, 06 April 2021 - 09:14 WIB
loading...
Rekor! Kapitalisasi Pasar Kripto Capai Rp28.000 Triliun
Kapitalisasi pasar mata uang kripto tercatat mencapai USD2 triliun, dimana separuhnya dikuasai oleh bitcoin. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kapitalisasi pasar mata uang kripto mencetak rekor tertinggi sepanjang masa sebesar USD2 triliun (sekira Rp28.000 triliun) pada Senin (5/4) menurut data dan pelacak pasar CoinGecko dan Blockfolio.

Lonjakan itu dipicu keuntungan selama beberapa bulan terakhir yang telah menggenjot permintaan dari investor institusional maupun ritel. Pada sore hari kemarin, kapitalisasi pasar kripto bahkan mencapai USD2,02 triliun.

Lonjakan itu dipimpin oleh bitcoin , yang mencapai tonggak sejarahnya sendiri dengan memegang kapitalisasi pasar sebesar USD1 triliun selama satu minggu. Bitcoin terakhir naik 1,4% pada USD59.045.
Sejak menyentuh puncak lebih dari USD61.000 pada pertengahan Maret lalu, bitcoin telah diperdagangkan dalam kisaran yang relatif sempit.

Analis mengatakan selama bitcoin tetap di atas USD53.000, maka mata uang kripto itu akan dapat mempertahankan kapitalisasi pasarnya di USD1 triliun.

Mata uang kripto terbesar kedua dalam hal kapitalisasi pasar, ethereum juga naik 1,3% menjadi USD2.103. Kapitalisasi pasarnya tercatat mencapai USD244 miliar.

"Momentum dan minat mulai berkembang melampaui bitcoin dan ethereum," kata Paolo Ardoino, Kepala Petugas Teknologi di Bursa Kripto Bitfinex yang dikutip Reuters, Selasa (6/4/2021).

"Karena industri terus berkembang, kami mengharapkan lebih banyak aplikasi berbasis blockchain untuk diperkenalkan ke dunia, dan bertepatan dengan itu, lonjakan minat di sekitar aset alternatif lainnya karena mereka menjadi lebih siap pasar," tambahnya.

Penyedia data Blockchain, Glassnode, dalam sebuah laporan penelitian, mengatakan fakta bahwa bitcoin telah memegang kapitalisasi pasar USD1 triliun selama satu minggu adalah "mosi percaya yang kuat untuk bitcoin dan kelas aset mata uang kripto secara keseluruhan."

Ia menambahkan bahwa aktivitas on-chain terus memperkuat posisi kuat bitcoin, dengan volume yang setara dengan lebih dari 10% dari pasokan yang beredar yang bertransaksi di atas ambang USD1 triliun.

Juga pada Senin lalu, Grayscale Bitcoin Trust, sarana investasi publik senilai USD35 miliar yang memegang bitcoin, menyatakan tetap berkomitmen untuk mengkonversi ke dana yang diperdagangkan di bursa. Dalam sebuah posting blog, Grayscale mengatakan waktu transisinya akan bergantung pada lingkungan peraturan.

Bitcoin telah meningkat lebih dari 100% tahun ini, sementara ethereum naik hampir 190%. Keduanya secara besar-besaran mengungguli kelas aset tradisional, didukung oleh masuknya perusahaan arus utama dan investor besar ke dunia kripto, termasuk Tesla Inc dan BNY Mellon.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3738 seconds (0.1#10.140)