BEI Optimistis Pasar Modal Syariah RI Tumbuh Pesat

Rabu, 07 April 2021 - 22:30 WIB
loading...
BEI Optimistis Pasar Modal Syariah RI Tumbuh Pesat
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) sangat optimistis pasar modal syariah di Tanah Air bisa makin berkembang. Hal ini didasari beberapa faktor pendukung yang bisa melakukan peningkatan.

Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi mengatakan, faktor yang sangat mendukung salah satunya populasi masyarakat muslim di Indonesia yang luar biasa besar jumlahnya.

"Kita sebenarnya merepresentasikan 13 persen dari populasi muslim di seluruh dunia," ujar Hasan dalam acara Edukasi Wartawan dengan tema 1 Dekade Kebangkitan Pasar Modal Syariah secara virtual, Rabu (7/4/2021). "Ini potensi yang memang menjadi target yang bisa kita harapkan berkembang dari waktu ke waktu depannya," sambungnya.



Dari sisi lain, Hasan menyebut kontribusi aset pasar modal syariah Indonesia terhadap PDB yang masih cukup terbatas bisa ditingkatkan. Sekali pun dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan. "Nah, ini juga banyak ruang yang kita pandang menjadi ruang yang berpotensi untuk pengembangan lebih lanjut," kata dia.

Dia menyebut, BEI mencermati potensi perkembangan pasar modal syariah sebagai salah satu strategi yang dituangkan secara formal dan resmi ke dalam master plan BEI untuk lima tahun ke depan. Ada empat pilar dari pengembangan master plan BEI, dimana pada pilar kedua secara spesifik menyasar atau mentargetkan pada pengembangan area pertumbuhan baru yang di dalamnya secara khusus menargetkan pasar modal syariah yang akan menjadi salah satu potensi pertumbuhan baru ke depannya.

Baca Juga: BEI Siap Luncurkan Indeks Saham Syariah Baru: IDX-MES BUMN 17

"Pada pelaksanaannya, kita tuangkan kembali ke dalam action plan dalam bentuk RKAT Tahunan, jadi setiap tahunnya akan muncul insiatif-inisiatif yang mengarah kepada pengembangan di pasar modal syariah," ucapnya
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2534 seconds (0.1#10.140)